Text
Strategi Pengembangan Pasar Pada Depo Tirta Mulya Di Dusun Dharma Pademawu Barat Pamekasan Guna Meningkatkan Market Share Perspektif Ekonomi Islam
Kata kunci: Pengembangan Pasar, Segmentasi Pasar, Mind Share, Market Share,
Heart Share.
Pengembangan pasar dilakukan apabila suatu usaha ingin meningkatkan
penjualan menuju lokasi baru yang belum pernah disinggahi sebelumnya dengan
menawarkan produk-produk yang sudah ada saat ini kepelanggan baru. Sedangkan
pangsa pasar adalah pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan pada industri yang
sama. Dalam Islam strategi pengembangan pasar sama halnya dengan konvensional
Namun, dalam Islam perusahaan dituntut harus dapat menguasai mind share,
market share, dan heart share.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi pengembangan
pasar pada Depo Tirta Mulya di Dusun Dharma Pademawu Barat Pamekasan dalam
meningkatkan market share; kedua, bagaimana pelaksanaan pengembangan pasar
pada Depo Tirta Mulya di Dusun Dharma Pademawu Barat Pamekasan dalam
meningkatkan market share perspektif ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif.
Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
pada penelitian ini adalah pengusaha Depo Tirta Mulya, konsumen dan para
pesaingnya. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi
sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi Pengembangan
pasar pada Depo Tirta Mulya di Dusun Dharma Pademawu Barat Pamekasan dalam
meningkatkan Market Share yaitu dalam segmentasi pasar konsumen (segmentasi
geografis menargetkan Kecamatan Pademawu, segmentasi demografi menargetkan
semua kalangan pendapatan, segmentasi psikografi menargetkan gaya hidup sehat
dan semua kalangan kelas sosial, serta untuk segmentasi perilaku menargetkan
status loyalitas tinggi); sedangkan untuk segmentasi pasar bisnis (variabel
demografi menargetkan tempat usaha yang kecil dan lokasi yang tidak jauh,
variabel operasi menargetkan pemakaian usaha yang sedang ke sedikit, variabel
pembelian menargetkan tempat usaha yang memilih kualitas air dan pelayanan,
faktor situasi menargetkan pesanan sedang ke kecil, dan untuk karakteristik pribadi
menargetkan tempat usaha yang memiliki kesetiaan tinggi). Posisi Depo Tirta
Mulya pada tahun 2020 di pasar persaingan yaitu berada di pemimpin pasar
(Market Leader), karena memiliki pangsa pasar sebesar 40%. Kedua, pelaksanaan
pengembangan pasar pada Depo Tirta Mulya di Dusun Dharma Pademawu Barat
Pamekasan dalam meningkatkan market share perspektif ekonomi Islam yaitu
bahwa Depo Tirta Mulya sudah bisa dikatakan telah menguasai mind share, market
share, dan heart share pelanggannya.
Tidak tersedia versi lain