Text
Implementasi Strategi Pemasaran (Segmenting Targeting dan Positioning) Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di KSPPS BMT NU Cabang Kadur
Kata Kunci: Implementasi Strategi Pemasaran (Segmenting Targeting dan
Positioning) Produk Tabungan Mudharabah (TABAH).
KSPPS BMT NU Cabang Kadur merupakan koperasi yang bergerak dalam
bidang memberikan jasa simpanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah
produk tabungan mudharabah (TABAH). Tabungan ini merupakan tabungan yang
paling banyak peminatnya dan sangat digemari. Dengan adanya tingkat
persaingan yang semakin ketat antar BMT dan lembaga keuangan lainnya, maka
dalam memasarkan produknya tersebut diperlukan strategi agar bisa menarik
minat calon anggota, salah satunya yaitu strategi pemasaran STP. Maka
berdasarkan konteks diatas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah:
pertama, Bagaimana Implementasi Strategi Pemasaran (Segmenting Targeting
dan Positioning) Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) dalam
Meningkatkan Jumlah Anggotanya di KSPPS BMT NU Cabang Kadur. Kedua,
Bagaimana Efektifitas Stategi Pemasaran (Segmenting Targeting dan Positioning)
Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan
data, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi Strategi Pemasaran
(Segmenting Targeting dan Positioning) Pada Produk Tabungan Mudharabah
(TABAH) dalam meningkatkan Jumlah Anggota di KSPPS BMT NU Cabang
Kadur meliputi Pertama, yaitu Segmentasi Geografis, demografis, dan
psikografis. Kedua, Targeting yaitu KSPPS BMT NU Cabang Kadur lebih fokus
pada pedagang dan petani. Ketiga, Positioning yakni KSPPS BMT NU Cabang
Kadur memperlihatkan keuanikan atau ciri khas dari tabungan mudharabah
(TABAH) seperti tabungan bisa diambil kapan saja, mudah, memperoleh bagi
hasil 40% setiap bulannya juga mendapatkan bonus berupa sembako. Efektifitas
Stategi Pemasaran STP Pada Produk Tabungan Mudharabah (TABAH), yaitu
dinilai efektif dan berhasil, hal ini terbukti dengan selalu meningkatnya jumlah
anggotanya dari tahun 2018 hingga tahun 2020 secara signifikan, juga dengan
adanya respon positif dari anggota
Tidak tersedia versi lain