Text
Penggunaan Promosi Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Batik Pada Rumah Batik MJ Di Desa Toronan
Kata Kunci : Promosi, Media Sosial, Batik
Rumah Batik MJ merupakan salah satu tempat usaha yang bergerak dalam
bidang batik yang berada di Desa Toronan. Rumah Batik MJ memulai usahanya
setelah megikuti pelatihan yaitu pada tahun 2015 sampai saat ini. Jadi, Rumah Batik
MJ disini termasuk salah satu yang mempunyai usaha baru dalam bidang batik yang
berada di Desa Toronan. Pada tahun 2015 pertama memulai usahanya Rumah Batik
MJ mempromosikan hanya dengan cara menjualnya dipasar pada hari-hari tertentu,
akan tetapi pada tahun 2017 sampai saat ini sudah mempromosikan secara online
menggunakan media sosial.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penggunaan media sosial
sebagai alat promosi dalam upaya menigkatkan penjualan batik pada Rumah Batik
MJ; kedua, apakah dalam penggunaan promosi media sosial yang digunakan oleh
Rumah Batik MJ dapat meningkatkan penjualan batik sesuai dengan ekonomi
Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah pemilik Rumah Batik MJ dan pekerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan media sosial
sebagai alat promosi dalam upaya meningkatkan penjualan batik pada Rumah Batik
MJ yaitu memposting batik dari hasil karyanya sendiri di akun media sosialnya
seperti facebook dan whatsApp, dengan tujuan supaya batik yang dipromosikan
tersebut dikenal oleh banyak orang. Sehingga dengan mengunakan media sosial
juga dapat mempermudah dalam bertransaksi, dapat mempermudah dalam
menyampaikan informasi dan dapat membantu menemukan kosnumen baru dan
memperluas target pasar. Kedua, dalam penggunaan promosi media sosial yang
digunakan oleh Rumah Batik MJ dapat meningkatkan penjualan batik sesuai
dengan ekonomi Islam dikarenakan ketika melakukan promosi lewat media sosial
informasi yang diberikan sesuai dengan keadaan produk aslinya dan tidak
mengandung unsur gharar didalamnya, karena pihak Rumah Batik MJ menjelaskan
secara detail terhadap produk yang dijualnya supaya tidak merusak kepercayaan
konsumen dan juga agar tidak ada pihak yang dirugikan
Tidak tersedia versi lain