Text
Strategi Pemasaran Pada Hotel Kemuning Pkpri Pamekasan Dalam Perspektif Islam
Kata Kunci: Strategi dan Pemasaran
Strategi didenifisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak
yang berfokus pada tujuan jangka pangjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya
bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.Sedangkan pemasaran menurut prespektif syariah
adalah segala aktivitas yang dijalankan dalam kegiatan bisnis berbentuk kegiatan penciptaan yang
memungkinkan siapa pun yang melakukannya bertumbuh serta mendayagunakan
kemanfaatannya yang di landasi atas kejujuran, keadilan, keterbukaan, dan keikhlasan sesuai
dengan proses yang berprinsip pada akad bermuamalah islami atau perjanjian transaksi bisnis
dalam islam, dalam stratregi pemasaran ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti,
perenccanaan strategi pemasaran dan bauran pemasaran serta konsep pemasaran.
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
yang pertama, untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh hotel PKPRI. kedua, untuk
mengetahui stratrgi pemasaran sesuai atau tidak dengan prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Manager dan karyawan
serta pengguna hotel kemuning PKPRI. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama strategi pemasaran yang dilakukan
hotel kemuning PKPRI ini menggunakan dua cara yaitu cara lama menggunaka informasi melalui
media cetak dan informasi mulut-kemulut yang selanjutnya menggunakan media online yaitu
dengan bekerja sama dengan aplikasi Traveloka, selain itu aktif di berbagai media sosial sebagai
bahan promosi. yang kedua dari strategi yang dilakukan menunjuk memang sudah sesuai dengan
syariat islam dalam hal ini terbukti dari hasil wawancara dan pengamatan yang menunjuk bahwa
dalam melakukan pemasaran itu sesuai dengan keadaanya tidak melakukan kebohongan publik,
artinya memberikan informasi sesuai dengan keadaanya sehingga tidak ada orang yang merasa
dibohongi
Tidak tersedia versi lain