Text
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Citronella Di Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pameksan,
Kata Kunci: Sales promosi, Iklan, Pemasaran langsung, Personal selling,
keputusan pembelian
Citronella itu sendiri adalah sabun herbal yang masuk dalam golongan
kosmetik perawatan kulit. Menggunakan 100% bahan-bahan alami asli
Indonesia. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk membeli produk ini di
karenakan menggunakan bahan alami dan mempunyai banyak manfaat.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah pertama, Apakah
variabel X berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk
Citronella di Desa Blumbungan. Kedua, peneliti ingin mengetahui Apakah
variabel X mempunyai pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian
produk Citronella di Desa Blumbungan. Ketiga, peneliti ingin mengetahui
Manakah di antara variable X yang mempunyai pengaruh dominan terhadap
keputusan pembelian produk Citronella di Desa Blumbungan Kecamatan
Larangan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan merupakan kuesioner dengan penyebaran angket kepada
konsumen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 135 konsumen. Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampling accidental. Teknik analisis data yang
digunakan menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinieritas, uji
heterokedastisitas, uji autokorelasi dan uji normalitas, dan untuk analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji F, uji T, dan koeisien determinasi (R2
).
Hasil uji signifikan secara simultan nilai Fhitung 4.384 Ftabel 2.72. Dan
tingkat signifikan 0,001 < 0,05, sehingga keputusannya adalah variabel X ada
pengaruh yang signifikan bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk
Citronella di Blumbungan Pamekasan. Hasil uji parsial (uji T) Variabel Sales
Promosi (X1) diperoleh thitung< ttabel atau 0,739 < 1,978 dengan tingkat signifikan
0,000> 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Sales Promosi (X1)
tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk Citronella di
Blumbungan Pamekasan.Variabel Iklan (X2) diperoleh thitung< ttabel atau 0,057<
1,978 dengan nilai signifikan 0,237 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
variabel Iklan (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen
produk Citronella di Blumbungan Pamekasan.Variabel Pemasaran Langsung (X3)
diperoleh thitung< ttabel atau -1,038 < 1,978nilai signifikan 0,301> 0,05. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel Pemasaran Langsung (X3) tidak berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen produk Citronella di Blumbungan
Pamekasan. Personal Selling (X4) diperolehthitung> ttabel atau 3,449> 1,978 dengan
nilai signifikan 0,001< 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Personal
Selling (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen produk
Citronella di Blumbungan Pamekasan
Tidak tersedia versi lain