Text
Strategi Pengembangan Usaha UD. Tempe Pak Heri di Desa Barurambat Kota Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, Ekonomi Islam, Lingkungan
Internal dan Eksternal.
Strategi pengembangan merupakan bakal tindakan yang menuntut
keputusan manajemen puncak dalam pengembangan usaha untuk
merealisasikannya. Strategi dirumuskan sedemikian rupa sehingga jelas apa yang
sedang dan akan dilaksanakan perusahaan demi mencapai tujuan yang ingin
dicapai. Perumusan strategi merupakan proses penyusunan langkah-langkah ke
depan yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi organisasi, menetapkan
tujuan strategi dan keuangan perusahaan, serta merancang strategi untuk mencapai
tujuan tersebut dalam rangka meyediakan costumer value terbaik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman pada pengembangan usaha UD. Tempe Pak
Heri. Kedua, bagaimana strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh UD.
Tempe Pak Heri. Ketiga, bagaimana pandangan ekonomi Islam mengenai strategi
pengembangan usaha yang dilakukan UD. Tempe Pak Heri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah pemilik UD. Tempe Pak Heri, Karyawan
UD. Tempe Pak Heri, dan Pelanggan Tempe Pak Heri.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, kekuatan yang dimiliki
oleh UD. Tempe Pak Heri yakni memiliki SDM yang memadai,kondisi keuangan
yang stabil, dan telah memiliki surat izin usaha, namun juga terdapat kelemahan
yaitu sarana dan prasarana yang dimiliki kurang memadai. Peluang dalam UD.
Tempe Pak Heri dalam aspek sosial yakni memiliki pangsa pasar yang cukup
besar serta kemajuan teknologi guna memperbaiki produksi yang ada, namun
kenaikan harga bahan baku menjadi suatu ancaman sehingga menjadi kendala
dalam berjalannya usaha tersebut. Kedua, Strategi yang digunakan oleh UD.
Tempe Pak Heri yaitu dengan menggunakan strategi integrasi dengan
memanfaatkan seluruh kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada dengan
penambahna produk dalam segi bentuk dan ukuran. Ketiga, pandangan ekonomi
Islam terhadap strategi yang digunakan oleh UD. Tempe Pak Heri dalam
pengembangan usahanya telah menerapkan beberapa perilaku ekonomi islam
yaitu jujur, tidak menipu, menepati janji, murah hati, dan niat suci dalam
menjalankan usaha.
Tidak tersedia versi lain