Text
Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Minimarket Nur Aqilah Pamekasan
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan dan Minat Beli Konsumen
Minat beli akan timbul karena kualitas pelayanan yang baik dan harga
yang terjangkau. Dalam hal ini, adanya hubungan erat antara harga, kualitas
pelayanan dengan minat beli konsumen karena harga dan kualitas pelayanan
digunakan oleh perusahaan untuk menambah daya tarik agar konsumen
membeli suatu produk yang telah ditawarkan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada
dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
Pertama, Apakah Harga Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen di
Minimarket Nur Aqilah Pamekasan; Kedua, Apakah Kualitas Pelayanan
Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket Nur Aqilah
Pamekasan. Ketiga, Apakah Harga Dan Kualitas Pelayanan Berpengaruh
Terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket Nur Aqilah Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga
dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap minat beli konsumen
di Minimarket Nur Aqilah Pamekasan.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
kuantitatif. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan regresi linear
berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 konsumen Minimarket Nur
Aqilah. Adapun metode pemilihan sampel yang digunakan adalah dengan teknik
nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Data yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yaitu jawaban kuesioner
yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji
kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi), dan uji hipotesis
(uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, harga berpengaruh secara
signifikan terhadap minat beli konsumen di Minimarket Nur Aqilah Pamekasan
dengan nilai t hitung 3,472 > t tabel 1,985 dan taraf signifikansi 0,001 < α = 0,05.
Kedua, kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli
konsumen di Minimarket Nur Aqilah Pamekasan dengan nilai t hitung 17,954 > t
tabel 1,985 dan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05. dan ketiga, harga dan kualitas
pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen di
Minimarket Nur Aqilah Pamekasan dengan nilai F hitung 271,085 > F tabel 3,09
dan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05.
Tidak tersedia versi lain