Text
Strategi Relationship Marketing Dalam Meningkatkan Kepercayaan Nasabah Di Bank Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, Relationship Marketing, Kepercayaan Nasabah
Relationship Marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang berfokus menjaga
hubungan antara Bank dengan nasabah. Dalam menjalin hubungan dengan nasabah
terutama untuk meningkatkan kepercayaan nasabah tidaklah mudah, sebab kepercayaan
nasabah tidak akan terbentuk apabila pihak Bank tidak melakukan suatu tindakan yang
nantinya akan menimbulkan kepercayaan nasabah. Dalam meningkatkan kepercayaan
nasabah dibutuhkan strategi relationship marketing agar nantinya kepercayaan nasabah
meningkat dan adanya hubungan jangka panjang antara Bank dengan nasabah .
Berdasarkan paparan tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana strategi relationship marketing
yang ada di Bank Syariah Sarana Prima Mandiri. Kedua, Bagaimana strategi relationship
marketing dalam meningkatkan kepercayaan nasabah di Bank Syariah Sarana Prima
Mandiri.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi
standar) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (nonpartisipatif) dan dokumentasi,
dengan informan Marketing Bank Syariah Sarana Prima Mandiri dan nasabah Syariah
Sarana Prima Mandiri. Sedangkan untuk pengecekan keabsahannya melalui triangulasi
(Sumber dan Teknik), perpanjangan kehadiran dan peningkatan ketekunan/kegigihan
peneliti.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, strategi
relationship marketing yang dimiliki oleh Bank Syariah Sarana Prima Mandiri
diantaranya tetap melakukan komunikasi yang baik antara Bank dengan nasabah, dengan
cara menawarkan kembali kepada nasabah untuk melakukan pembiayaan dan menabung
di Bank Syariah Sarana Prima Mandiri, tidak hanya itu jika instansi ingin maju maka
kepuasan komisaris, kepuasan karyawan dan kepuasan nasabah harus diperhatikan,
Kedua, strategi yang digunakan oleh Bank Syariah Sarana Prima Mandiri dalam
meningkatkan kepercayaan nasabah mengutamakan kepuasan nasabah dan memberikan
pelayanan yang baik seperti persoalan pembiayaan yang bisa dilihat dari segi waktu
pengajuan pembiayaan dengan pencairan maksimal 1 minggu, melakukan sosialisasi
kepada nasabah tentang produk-produk yang ada di Sarana Prima Mandiri yang sesuai
dengan kebutuhan nasabah dan tentunya mengikuti jaman dan Pihak Bank memberikan
kejutan kepada nasabah pada saat momen penting seperti pada saat ulang tahun, hari guru dan lain sebagainya
Tidak tersedia versi lain