Text
Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Celebrity endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk MS GLOW pada Mahasiswi IAIN Madura
Kata Kunci: Kualitas Produkk, Harga, Celebrity Endorser, MS GLOW,
Keputusan Pembelian
MS GLOW merupakan salah satu produk yang sedang naik daun saat ini.
Menunjukkan bahwa keputusan pembelian pada produk tersebut sedang tinggi.
Keputusan pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk
membeli suatu produk. Terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan
dalam menentukan keputusan pembelian diantaranya Kualitas Produkk, Harga,
Celebrity Endorser. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas
produk, harga dan celebrity endorser terhadap terhadap keputusan pembelian
produk kecantikan MS GLOW secara parsial dan simultan dan seberapa besar
pengaruhnya pada mahasiswi FEBI IAIN Madura serta mengetahui variabel mana
yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk MS GLOW pada
mahasiswi FEBI IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kausal. Sumber data yang diperoleh melalui kuesioner, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan dengan Sampel dalam penelitian ini adalah 40
responden mahasiswi FEBI IAIN Madura. dengan metode pemilihan sampel
purposive sampling. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji
kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi,uji Normalitas dan uji
hipotesis (uji t dan uji f)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan
celebrity endorser berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian
dengan nilai F hitung sebesar 27,130 > F tabel sebesar 3,26 dengan angka
signifikansi 0,000 < α = 0,05. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara
parsial variabel kualitas produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian dengan nilai uji t 0,571 < t tabel 2,02619 dengan angka
signifikansi 0,572 > α = 0,05, variabel harga berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 5,058 > t tabel
2,02619 dengan angka signifikansi 0,000 < α = 0,05 dan secara parsial variabel
celebrity endorser berpengaruh secara signifikan terhadap terhadap keputusan
pembelian dengan nilai t hitung sebesar 2,336 > t tabel 2,02619 dengan angka
signifikansi 0,025 < α = 0,05. Harga menjadi variabel yang paling berpengaruh
terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung harga 5,058. Selain itu, hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa 69,3% keputusan pembelian produk MS
GLOW pada Mahasiswi IAIN Madura, dipengaruhi oleh kualitas produk, harga,
dan celebrity endorser.
Tidak tersedia versi lain