Text
Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, KPR Syariah
Pada hakikatnya setiap lembaga keuangan syariah memerlukan strategi
pemasaran untuk meningkatkan dan memperluas pangsa pasarnya. Segmentation,
Targeting, Positioning merupakan elemen terpenting dalam pemasaran yang dapat
menentukan keberhasilan suatu lembaga keuangan syariah dalam memilih pangsa
pasar mereka. BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan menerapkan strategi
pemasaran segmentation, targeting, positioning sebagai proses awal sebelum
menawarkan produk pembiayaannya. Salah satu produknya yaitu pembiayaan KPR
Syariah dimana produk ini merupakan suatu pinjaman atau pembiayaan bagi
masyarakat yang membutuhkan atau membeli tempat tinggal impiannya serta yang
layak bagi keluarganya. BPRS Bhakti Sumekar memiliki keunggulan pada produk
pembiayaan KPR Syariah yaitu bebas biaya admin, angsuran tetap, serta margin yang
kompetitif dan lokasi strategis mudah dijangkau masyarakat.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu:
pertama, bagaimana implementasi startegi pemasaran segmentation, targeting, dan
positioning produk pembiayaan KPR Syariah dalam upaya meningkatkan jumlah
nasabah di bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan, kedua
bagaimana efektivitas implementasi strategi pemasaran segmentation, targeting dan
positioning produk pembiayaan KPR Syariah dalam upaya meningkatkan jumlah
nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu
data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Hasil penelitian berisi
kutipan-kutipan dari data yang telah dikumpulkan. Sumber data diperoleh melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dalam upaya meningkatkan jumlah
nasabah yaitu pertama, menerapkan startegi segmentasi geografis, demografis,
psikografis. Kedua, targeting yaitu masyarakat yang mempunyai pendapatan tetap dan
pekerjaan tetap seperti TNI, PNS, Polri serta karyawan lainnya. Ketiga, positioning
yaitu mendesain citra lembaga yang baik serta pengomptimalan pelayanan nasabah
yang baik. Dapat dikatakan strategi pemasaran STP yang diterapkan di BPRS Bhakti
Sumekar Kantor Cabang Pamekasan pada produk pembiayaan KPR Syariah dinilai
efektif dikarenakan jumlah nasabah dari tahun ke tahun meningkat. Meningkatnya
jumlah nasabah dikarenakan pelayanan yang optimal
Tidak tersedia versi lain