Text
Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia
Kata Kunci : Biaya Produksi, Biaya Kualitas, Biaya Produksi, Laba
Setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk tetap bertahan hidup bahkan menguasai pangsa pasar, tujuan perusahaan dapat dicapai dengan cara mempertahankan dan meningkatkan laba perusahaan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan laba yang diperolehnya melalui kegiatan-kegiatan berupa peningkatan volume produk, meningkatkan kuliatas produk, dan melakukukan promosi yang tepat. Dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut perusahaan pastinya perlu untuk mengeluarkan biaya-biaya seperti: biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi.
Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ada 3 (tiga) macam: Pertama, Bagaimana pengaruh biaya produksi, biaya kualita dan biaya promosi secara parsial terhadap laba bersih perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia; Kedua, Bagaimana pengaruh biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi secara simultan terhadap laba bersih bersih perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia; Ketiga, Seberapa besar kontribusi biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi secara bersama terhadap laba bersih perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi penelitian ini ada 152 perusahaan dengan sampel berjumlah 57 perusahaan. Instrumen penelitian ini adalah variabel independen biaya produksi, biaya kualitas, dan biaya promosi. Sedangkan variabel dependen adalan laba bersih. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisis laporan keuangan. Analisis data yang digunakan yakni mencari data mentah, Statistik deskriptif, uji asumsi klasik uji kebaikan regresi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, biaya produksi tidak memiliki pengaruh terhadap laba bersih, biaya kualitas dan biaya promosi secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap laba bersih perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia; Kedua, biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Ketiga, biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi secara bersama-sama memberikan konstribusi sebesar 45,4% terhadap laba bersih bersih perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia
Tidak tersedia versi lain