Text
Strategi Advertisng Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Rahn di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Strategi, Advertising, Rahn.
Dalam menigkatkan jumlah anggota, lembaga keuangan tidak lepas dari
yang namanya strategi pemasaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan
metode bauran promosi (promotion mix) yang di dalamnya ada beberapa bagian:
pertama, periklanan (advertising), kedua adalah promosi melalui Promosi
penjualan (sales promotion), ketiga melalui Publisitas (publicity), dan keempat
adalah promosi melalui Penjualan pribadi (personal selling). Strategi tersebut
tentunya ada perbedaan dari lembaga kuangan lain yang ada di sekitar KSPPS
BMT NU Cabang Pasean Pamekasan.
Dalam penelitian ini ada beberapa rumusan masalah yang telah diteliti
pertama, bagaimana strategi advertising dalam meningkatkan jumlah anggota
rahn di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Kabupaten Pamekasan.
Kedua, media advertising apa saja yang diterapkan untuk menambah jumlah
anggota rahn di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Kabupaten
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif karena bertujuan untuk
mengungkapkan fakta, fenomena, dan keadaan yang terjadi dengan yang
sebenarnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan wawancara terstruktur
yang mana sebelum melakukan wawancara pewawancara menulis dan
mengumpulkan pertanyaan dan disusun berurutan untuk kemudian diajukan
kepada nara sumber. Lokasi penelitian di di BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean
Kabupaten Pamekasan yang beralamatkan di jalan raya Pasean.
Hasil penelitian bahwa strategi advertising dalam meningkatkan jumlah anggota
Rahn yaitu dengan cara membagikan brousur, menyebarkan pamflet dan
sosialisasi kepada anggota dan calon anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur
Cabang Pasean yang dilakukan dengan kerja sama oleh semua pengelola
(karyawan) untuk mempromosikan produk Rahn. Adapun media advertising yang
digunakan oleh pengelola BMT NU Cabang Pasean ini dengan menggunakan
media-media, seperti halnya media elektronik atau media sosial yang terdiri dari
Facebook, Whatsapp, Instagram dan juga Website resmi KSPPS BMT NU
JATIM dan juga dengan cara membagikan brosur kepada anggota supaya anggota
tersebut juga bisa ikut andil dalam mempromosikan produk BMT NU
Tidak tersedia versi lain