Text
Pengaruh Strategi Promosi dan Kualitas produk terhadap Minat Nasabah pada Produk Pembiayaan Gadai Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Promosi, Kualitas Produk, Minat Nasabah
BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM), sebagai salah satu Lembaga Keuangan Syariah, tentunya sangat dibutuhkan sebuah Manajemen Pemasaran yang dapat mendukung perkembangan BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Ada dua hal dari manajemen pemasaran tersebut yang harus dilakukan yaitu strategi promosi dan kualitas produk, strategi promosi disini bertujuan untuk mengenalkan maupun menginformasikan semua produk yang ada dimiliki BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan untuk, khususnya produk pembiayaan gadai emas. Untuk kualitas produk itu sendiri, terlebih dari kualitas produk pembiayaan gadai emas yang terus dikenalkan maupun diinformasikan, sehingga dapat menarik minat nasabah untuk memilih dan bertahan pada produk pembiayaan gadai emas di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini didapat dengan teknik pengambilan sampel “purposive sampling” yaitu metode penetapan responden untuk dijadikan sampel berdasarkan pada kriteria-kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Strategi Promosi dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Minat Nasabah pada Produk Pembiayaan Gadai Emasi di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan.
Hasil uji t (parsial) variabel Strategi Promosi (X1) diperoleh thitung 5,063 > ttabel 1,66356 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,1. Variabel Kualitas Produk (X2) diperoleh thitung 0,476 < ttabel 1,66356 dengan taraf signifikan 0,635 > 0,1. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel Strategi Promosi berpengaruh secara parsial terhadap Minat Nasabah pada Produk Pembiayaan Gadai Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan, sedangkan Kualitas Produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap Minat Nasabah pada Produk Pembiayaan Gadai Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Hasil uji signifikasi secara simultan (uji F) diperoleh Fhitung 53,004 > Ftabel¬ 2,37 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,1 menunjukkan bahwa variabel Startegi Promosi (X1) dan Kualitas Produk (X2) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Minat Nasabah pada Produk Pembiayaan Gadai Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Strategi Promosi dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Minat Nasabah pada Produk pembiayaan Gadai Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan sebesar 56,7% (43,3% sisanya dipengaruhi yang lain).
Tidak tersedia versi lain