Text
Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep
Kata Kunci: Marketing Mix (7P), Minat Masyarakat, Tabungan Emas
Emas merupakan salah satu alternatif investasi yang sangat
menguntungkan. Tak heran jika banyak dari masyarakat Indonesia yang mulai
antusias dengan investasi emas. Salah satu lembaga keuangan syariah yang
menghadirkan produk dalam lingkup investasi emas ialah PT. Pegadaian Syariah
yaitu Produk Tabungan Emas. Agar produk yang dihasilkan dapat menarik minat
masyarakat maka perusahaan harus melakukan kegiatan pemasaran salah satunya
melalui kegiatan marketing mix yang terdiri dari 7 unsur meliputi product, price,
place, promotion, people, physical evidence, dan process. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada dua hal yang menjadi tujuan pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama untuk menganalisis pengaruh marketing mix (7P) secara simultan
terhadap minat masyarakat menggunakan produk Tabungan Emas di PT.
Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep, kedua untuk menganalisis
pengaruh marketing mix (7P) secara parsial terhadap minat masyarakat
menggunakan produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang
Prenduan Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data
menggunakan regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan berupa data
primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden yaitu
masyarakat yang mendapatkan pemasaran produk Tabungan Emas di PT.
Pegadaian Syariah Cabang Prenduan yang berjumlah 96 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan ketercapaian
sampel sebesar 100% dari jumlah yang direncanakan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Variabel marketing mix
yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan
process secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan
produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Prenduan Sumenep
berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel (8,866 > 2,12) dan nilai Adjusted R Square sebesar
0,367 yang berarti kontribusi variabel independen (marketing mix 7P) dalam
mempengaruhi variabel dependen (minat masyarakat) sebesar 36,7%. Kedua,
Secara parsial variabel marketing mix (7P) yang berpengaruh terhadap minat
masyarakat ialah variabel promotion (X4) dengan nilai thitung > ttabel (2,255 >
1,987) dan variabel people (X5) dengan nilai thitung > ttabel (3,019 > 1,987).
Sedangkan lima variabel lainnya yaitu product (X1), price (X2), place (X3),
physical evidence (X6), dan process (X7) tidak berpengaruh terhadap minat
masyarakat dengan nilai thitung < ttabel.
Tidak tersedia versi lain