Text
Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Reputasi Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Pengetahuan, Religiusitas, Reputasi, Keputusan Anggota
Keputusan untuk menggunakan suatu produk atau jasa muncul berdasarkan faktor -faktor tertentu, beberapa faktor yang mempengaruhi berupa faktor sosial, budaya dan karakteristik dari seseorang. Pengetahuan, religiusitas, dan reputasi merupakan contoh faktor yang dapat mempengaruhi sesorang untuk mengambil sebuah keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan reputasi terhadap keputusan anggota menabung di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal yang menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 91 responden anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan. Adapun metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik nonprobability sampling dengan metode convenience sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden dari kuesioner yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas), dan uji hipotesis (koefisien determinasi, uji F, dan uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Anggota dengan nilai t hitung 2,308 > t tabel 1,98729 dan angka signifikansi 0,023 < α = 0,05. Kedua, Religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Anggota dengan nilai t hitung 2,367 > t tabel 1,98729 dan angka signifikansi 0,020 < α = 0,05. Ketiga, Reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Anggota dengan nilai t hitung 2,450 > t tabel 1,98729 dan angka signifikansi 0,016 < α = 0,05. Dan keempat, Pengetahuan, Religiusitas, Dan Reputasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Anggota dengan nilai F hitung 34,861 > F tabel 3,10 dan angka signifikansi 0,000 < α = 0,05.
Tidak tersedia versi lain