Text
Penerapan Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Sepeda Motor Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Sepeda Motor
Pada hakikatnya setiap lembaga keuangan syariah memerlukan strategi
Pemasaran dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan pangsa pasarnya.
Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Promotion, Place, people, process, dan
physical evidence) merupakan hal terpenting dalam pemasaran yang bisa
menentukan keberhasilan lembaga keuangan syariah dalam memilih pasarnya.
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan menerapkan strategi
pemasaran yaitu Bauran Pemasaran 7P sebagai startegi pemasaran yang akan
diajadikan pedomannya. Salah satu produknya adalah Pembiayaan Sepeda Motor,
produk ini adalah suatu pinjaman atau pembiayaan bagi masyarakat yang ingin
mempunyai kendaraan pribadi sesuai keinginannya yang tidak bisa membeli
secara tunai.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini
yaitu: pertama, bagaimana implementasi marketing mix yang meliputi product,
price, promotion, place, people, proses, dan physica levidence produk
pembiayaan sepeda motor dalam meningkatkan minat nasabah pada bank BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan, kedua bagaimana efektivitas
implementasi strategi pemasaran product, price, promotion, place, people, proses,
dan physica levidence produk pembiayaan sepeda motor dalam meningkatkan
minat nasabah pada bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Hasil
penelitian berisi kutipan-kutipan dari data yang telah dikumpulkan. Sumber data
diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi pemasaran yang dilakukan
oleh BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan dalam meningkatkan
minat nasabah yaitu pertama, Product hal utama dalam melihat produk tersebut
akan laku dipasaran atau tidak yaitu dengan cara pihak marketing melakukan
identifikasi terhadap produk apa saja yang sedang laku di pangsa pasar. Kedua,
Price yaitu hal utama yang dilakukan BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan dalam menetapkan harga dengan cara mengetahui terlebih dahulu
harga kendaraan di dealer dan dipasar, setelah itu pihak BPRS Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pamekasan bisa menentukan kisaran harga jual kepada calon
nasabah pembiayaan sepeda motor dan menetapkan margin. Ketiga, Promotion
xii
yaitu dilakukan dengan cara langsung dan tidak langsung kepada masyarakat
sekitar, promotion ini diterapkan agar masyarakat minat terhadap pembiayaan
sepeda motor yang ada. Keempat, Place merupakan faktor yang menjadi
pertimbangan masyarakat dalam melakukan pembelian. BPRS Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pamekasan berada di tempat yang sangat startegis yaitu di kota
Pamekasan dan dekat dengan berbagai instansi yang ada.
Tidak tersedia versi lain