Text
Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura Angkatan 2017 Dan 2018)
Kata Kunci: Layanan Mobile Banking, Kepuasan Nasabah
Layanan Mobile Banking merupakan salah satu fasilitas yang diberikan
bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi sehari-hari. Melalui
layanan berbasis aplikasi, nasabah bisa bertransaksi dimana saja dan kapan saja
tanpa harus mengantri di kantor bank. Tentu dengan adanya Layanan
MobileBanking ini diharapkan bisa menjadi solusi permasalahan nasabah sehingga
kepuasan nasabah dan loyalitas menjadi tujuan akhir. Salah satu perbankan yang
telah memberikan layanan E-banking khususnya Layanan Mobile Banking adalah
BRI Syariah.
Tujuan penelitian ini ingin lebih jauh mengetahui seberapa besar pengaruh
Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness),
Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy) yang terdapat pada Layanan Mobile
Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI Syariah KCP Pamekasan (Studi
Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Poulasi sebanyak 989
nasabah dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang
menghasilkan 90 nasabah sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah anlisis regresi
linier berganda dengan menggunkan bantuan alikasi SPSS versi 23.
Berdasarkan anslisis regresi diperoleh persamaan Y = -4,753 + 0,420X1-
0,183 X2 + 0,282X3 + 0,235X4 + 0,697X5dengan koefisien determinasi 80,3% yang
berarti bahwa Kepuasan Nasabah dapat dijelaskan oleh variasi variabel Layanan
Mobile Banking Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap
(Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy). Sedangkan sisanya
(100% - 80,3% = 19,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Variabel (Bukti Fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya
Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Empathy) pada
Layanan Mobile Banking secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah
Bank BRI Syariah KCP Pamekasan dengan hasil uji F Fhitung sebesar 73,742 dengan
tingkat signifikasi sebesar 0,000 dan Ftabel sebesar 2,32. Maka nilai Fhitung lebih besar
dari Ftabel dengan tingkat probabilitas 0,000 yang berada dibawah a = 0,05.
Sedangkan untuk hasil uji parsial, empat buah variabel menunjukkan hasil yang
signifikan yaitu Bukti Fisik (Tangible) (X1) dengan thitung 3,838 > ttabel 1,663, Daya
Tanggap (Responsiveness) (X3) dengan thitung 2,382, Jaminan (Assurance) (X4)
dengan thitung 2,621, dan Empati (Empathy) (X5) dengan thitung 5,770. Sedangkan
variabel Kehandalan (Reliability) (X2) dengan thitung -1,697 yang berarti tidak
berpengaruh siginifikan.
Tidak tersedia versi lain