Text
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJEMAAH DI SMPI NURUL HIJRIYAH KECAMATAN CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG
Kata Kunci : Karakter Religius, Shalat Berjamaah, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini berlokasi di SMPI Nurul Hijriyah yang berlatar fenomena
kurangnya karater religius yang ada pada diri siswa sehingga Guru Pendidikan
Agama Islam melaksanakan kegiatan pembiasaan shalat berjamaah untuk
menumbuhkan karakter religius dalam diri siswa agar terciptanya generasigenerasi bangsa yang shole dan sholeha.
Dalam penelitian ini ada tiga fokus penelitian yang dikaji :
Pertama,bagaimana bentuk upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI)dalam
menumbuhkan karakter religius melalui pembiasaan shalat berjama’ah di
SMPINurul Hijriyah Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang ?. Kedua,
bagaimana karakter religius siswa di SMPI Nurul Hijriyah Kecamatan Camplong
Kabupaten Sampang melalui pembiasaan shalat berjamaah?. Ketiga, apa saja
faktor-faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menumbuhkan karakter
religius melalui pembiasaan shalat berjama’ah di SMPI Nurul Hijriyah
Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif,
sedangkan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahannya dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan : Pertama,Upaya-upaya yang di
lakukan oleh Gurudalam menumbuhkan karakter religius siswa melalui
pembiasaan shalat berjamaah di SMPI Nurul Hijriyah Kecamatan Camplong
Kabupaten Sampang, yaitu : bimbingan atau pembinaan, pengawasan, nasehat,
dan peringatan. Sedangkan metode yang diterapkan yaitu : keteladanan dan
pembiasaan. Kedua,Adapun pertumbuhan karakter religius siswa melalui
pembiasaan shalat berjamaah di SMPI Nurul Hijriyah Kecamatan Camplong
Kabupaten Sampang yaitu sudah baik dan hal tersebut dapat dilihat dengan cara
kegiatan dan perilaku posistif yang dilakukan oleh siswa di sekolah seperti
sebagai : bertanggung jawab dengan apa yang lakukan, disiplin akan waktu
seperti, datang ke sekolah tepat waktu, menerapkan 5S (salam, sapa, senyum,
sopan, santun), menjalani peraturan yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh
sekolah.Ketiga,faktor pendukung Upaya Guru PAI Dalam Menumbuhkan
Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah di SMPI Nurul Hijriyah
Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang yaitu : Sarana dan Prasarana yang
sudah memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, Secara eksternal :
kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya, secara Internal yaitu kurangnya
kesadaran diri bagi siswa.
Tidak tersedia versi lain