Text
KUALITAS PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA TRAVEL HAJI DAN UMROH PT. NBAROKAH DUA PUTRI MANDIRI (BADUR) TOUR SAMPANG
Kata Kunci: Pelayanan, Kualitas Pelayanan, dan Travel Haji
Haji dan umroh merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim
yang mampu. Kewajiban ini merupakan rukun Islam yang ke lima. Ibadah haji
merupakan kewajiban oleh sebab itu setiap orang yang mampu, apabila tidak
melakukannya, ia berdosa dan apabila dilakukan medapatkan pahala. Sedangkan
makna haji bagi umat Islam merupakan respon terhadap panggilan Allah swt.Travel
badur tour menawarkan produk travel seperti haji dan umroh dengan harga yang cukup
murah. Badur tour memberikan harga murah agar supaya masyarakat bisa menjalankan
ibadah haji dan umroh dengan harga yang murah. Travel ini memiliki keistimewaan di
banding dengan travel lainnya, karena meskipun dengan harga murah fasilitas dan
pelayanan tidak murahan.
Dalam penelitian ini terdapat duafokus penelitian, pertama tentang bagaimana
pelayanan di travel haji dan umroh di PT. Barokah Dua Putri Mnadiri Badur Tour
Sampang, keduabagaimana kualitas pelayanan di travel haji dan umroh dalam
meningkatkan loyalitas konsumen di Badur Tour Sampang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif.Informennya adalah Direktur Utama, dua karyawan, konsumen tetap dan
konsumen tidak tetap di PT Barokah Dua Putri Mandiri (Badur Tour Sampang).Metode
pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi.Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti
dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Dalam memberikan pelayanan,
Badur Tour Sampang menggunakan berbagai cara yang sesuai dengan budaya
pelayanan yang baik berdasarkan pada A5 yaitu Ability, Attitude, Appearance,
Attention, dan Action.Pelayanan di PT. Barokah Dua Putri Mandiri (Badur)
TourSampang dikategorikan pelayanan yang baik, professional, ramah dan
menyenangkan. (2) kualitas pelayanan dilakukan dengan lima menggunakan lima
indikator pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability),
ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy),. Dengan
indikator pelayanan tersebut, Kualitas pelayanan di Travel Haji dan Umroh PT.
Barokah Dua Putri Mandiri (Badur) Tour Sampang yaitu pertama, PT Badur Tour ini
banyak mengadakan dan menawarkan promo-promo dalam pelayanan jasa ibadah haji
dan umroh. (Kedua penampilan para karyawan yang menarik perhatian para konsumen
dengan selalu tampil rapi dan murah senyum serta melayani tanpa pandang bulu.
Tidak tersedia versi lain