Text
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH (STUDI KASUS PADA BMT NU JAWA TIMUR CABANG PROPPO, PAMEKASAN)
Kata kunci : pelayanan, efektifitas, loyalitas nasabah
Dengan ada dan berkembangnya BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo
diharapkan perekonomian masyarakat lemah akan terbantu. Perkembangan dan
persaingan yang semakin ketat mengharuskan BMT NU Jawa Timur Cabang
Proppo untuk terus berinovasi dan memberikan kepuasan kepada anggotanya agar
mereka loyal.
Dengan kemampuan BMT NU Jawa Timur cabang Proppo dalam
memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya untuk
membuat anggotanya semakin nyaman serta dapat memberikan kontribusi yang
baik kepada BMT NU Jawa Timur cabang Proppo dalam meningkatkan loyalitas
anggota. Fokus penelitian dari penelitian ini yaitu 1). Bagaimana kualitas
pelayanan di BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo dan 2). Bagaimana efektifitas
kualitas pelayanan dalam meningkatkan loyalitas nasabah di BMT NU jawa
timur cabang Proppo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif merupakan suatu metode yang digunakan untuk meneliti setatus
kelompok, suatu objek, kondisi, atau suatu peristiwa dimasa sekarang. Dan
penelitian deskriptif tidak termasuk untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi
mengambarkan apa adanya gejala dan keadaan tertentu. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul
dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif.
Hasil penelitian menyimpulkan 1) Pelayanan di BMT NU Jawa Timur
Cabang Proppo terhadap para nasabah, pelayanan yang di tawarkan ada tiga
pelayanan yaitu pelayanan di kantor, pelayanan online, pelayanan lapangan. 2)
Sistem pelayananBMT NU Jawa Timur Cabang Proppo sudah sangat baik sebab
terdapat pelayanan yang menarik di kantor, seperti sistem pelayanan online dan
juga sistem pelayanan jemput bola dan Nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang
Proppo merasa aman menjadi nasabah BMT NU dengan pengelolaan yang begitu
efektif sehingga nasabah merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan
pihak BMT NU Jawa Timur Cabang Proppo.
Tidak tersedia versi lain