Text
STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) PEMERINTAH DESA PULAU MANDANGIN DALAM UPAYA PENGEMBALIAN CITRA POSITIF PEMERINTAH DESA (Kasus Pelecehan Seksual, Bantuan Sosial, dan Pelayanan Masyarakat)
Kata kunci: Strategi, Hubungan Masyarakat (Humas), Pemerintah Desa,
Pengembalian Citra Positif.
Hubungan masyarakat (humas) sebagai mediator antara pemerintah
dengan masyarakat tentunya mempunyai strategi tersendiri dalam upaya
pengembalian citra positif dikalangan masyarakat. Kepercayaan masyarakat
terhadap pemerintah desa sudah mulai memudar, karena masyarakat banyak
mengeluh tentang ketidak tepatan atau ketidak sesuaian pemberian bantuan sosial
terhadap masyarakat pulau Mandangin. Selain itu pelayanan masyarakat kurang
efektif, ketika masyarakat mengurus berkas dokumen catatan sipil dan lebih
parahnya lagi salah satu oknum perangkat desa di pulau Mandangin tega
mencabuli gadis di bawah umur. Sehingga penting untuk diteliti. Ada dua fokus
penelitian yaitu: pertama, bagaimana strategi pemerintah desa pulau Mandangin
dalam upaya pengembalian citra positif pemerintah desa? Dan yang kedua, apa
yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pengembalian citra
positif pemerintah desa pulau Mandangin?
Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif yaitu mengkaji dan mendeskripsikan strategi hubungan masyarakat
(humas) pemerintah desa pulau Mandangin dalam upaya pengembalian citra
positif pemerintah desa (kasus pelecehan seksual, bantuan sosial, dan pelayanan
masyarakat), dengan pengelolahan data yang digunakan berupa interview (
wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan
dikumpulkan dan diteliti kembali yang selanjutnya akan disusun dan dianalisis
dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, menggunakan strategi
human communication (komunikasi manusia) yaitu dengan upaya menjalin
komunikasi yang baik dan melakukan sosialisasi dengan masyarakat desa pulau
Mandangin. Kedua, strategi organization communication (komunikasi organisasi)
yaitu pemerintah desa pulau Mandangin ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang
dilakukan oleh organisasi pemuda. Ketiga, strategi media cumminication (media
komunikasi) yaitu menggunakan media massa yaitu Madura Indepth. Faktor
pendukungnya yaitu terkoordinirnya aparatur desa dan bekerjasama dengan media
massa (Madura Indepth). Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya
kualitas sumber daya manusia (SDM). Berdasarkan pemaparan tersebut maka
diharapkan, mampu memberikan tambahan informasi bagi lembaga pemerintah,
sehingga dapat mengevaluasi kekurangan dari strategi pemerintah desa.
Tidak tersedia versi lain