Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENJAGA BRAND AWARENESS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA AIR MINERAL BARIKLANA DI KOPERASI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PRENDUAN, SUMENEP)
Kata kunci: Brand Awareness, Komunikasi Pemasaran, Strategi
Komunikasi pemasaran sudah sering digunakan oleh perusahaan untuk
mempertahankan produknya dalam banyaknya persaingan produk yang serupa, maka
dari itu perlu melakukan penelitian untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan oleh air mineral Bariklana yang dikelola oleh koperasi pondok
pesantren Al-Amin dalam menjaga kesadaran konsumen terhadap merek air Bariklana.
Ada 2 permasalahan dalam fokus penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi
komunikasi pemasaran air mineral Bariklana dalam menjaga Brand awareness?.
Kedua, bagaimana kesadaran konsumen terhadap brand awareness air mineral
Bariklana?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya
adalah direktur, marketing, admin, kepala bagian gudang dan konsumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi komunikasi
pemasaran yang digunakan air Bariklana dalam menjaga brand awareness yaitu bauran
pemasaran dan bauran promosi. Dalam bauran pemasaran terdapat: 1) Produk, yaitu
produk berupa air mineral untuk memenuhi kebutuhan santri dan masyarakat di
lingkungan pesantren. 2) Harga, yaitu harga bahan pokok ditentukan terlebih dahulu
kemudian mengambil keuntungan. 3) Tempat, yaitu air Bariklana terletak di pondok
Al-Amin II (barat), Sumenep dan sudah didistribusikan paling banyak di Kabupaten
Sumenep, sebagian di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Bangkalan dan Surabaya.
Bauran Promosi yang digunakan adalah: 1) Periklanan, menggunakan Banner dan
memasang Iklan pada Rasda (Radio Suara Dakwah Al-Amin). 2) Penjualan personal,
yaitu mengikuti pameran OPOP (One Pesantren One Produk) di Jawa Timur dan
ketika ada pelanggan baru, dan para alumni pesantren Al-Amin. Penjualan personal ini
merupakan strategi yang paling banyak berkontribusi dalam strategi pemasaran,
Karena memanfaatkan para alumni pesantren, termasuk IKBAL (ikatan keluarga besar
alumni Al-Amin) yang ikut mendistribusikan air Bariklana. 3) Pemasaran langsung,
yaitu menghubungi pelanggan melalui telepon untuk mendapatkan respon segera. 4)
Promosi penjualan yang digunakan yaitu memberi bonus dan potongan harga. Kedua,
kesadaran konsumen terhadap brand awareness air mineral Bariklana terdapat dua
tahapan: 1) Top Of Mind (puncak pikiran) yaitu konsumen selalu mengingat dan
memilih air Bariklana saat memiliki kebutuhan air mineral. 2) Brand Recall
(pengingatan kembali merek) yaitu konsumen mengetahui terhadap merek tanpa perlu
mengingat kembali, namun konsumen tidak selalu memilih air mineral Bariklana saat
memiliki kebutuhan air mineral.
Tidak tersedia versi lain