Text
ANALISIS STRATEGI DISKOMINFO PAMEKASAN DALAM MENANGKAL KONTEN HOAKS COVID-19 DI MEDIA SOSIAL (EDISI MARET-DESEMBER 2020)
Kata Kunci: Strategi Diskominfo Pamekasan, Hoaks Covid-19, Media Sosial
Sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia pada Maret hingga Desember
2020, terdapat banyak berita hoaks Covid-19 yang beredar pada masyarakat. Hal
ini berpotensi menyebabkan kegaduhan dan keresahan pada masyarakat
pamekasan.Dinas komunikasi dan informatika (Diskominfo) Pamekasan sebagai
instansi pemerintah daerah yang memiliki wewenang pada bidang komunikasi dan
informasi yang bertugas menyaring dan menangkal berita hoaks tentang Covid-19
melakukan pelacakan pada media sosial dengan menggunakan strategi sebagai
upaya untuk menangkal berita yang tidak benar. Untuk itu, peneliti melakukan
penelitian dan menganalisis secara mendalam dengan menggunakan pendekatan
teori strategi komunikasi efektif Anwar Arifin (1994).
Pendekatan Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif
yang mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan Diskominfo
Pamekasan dalam menangkal konten hoaks Covid-19 di Pamekasan (Edisi MaretDesember) 2020. Data diperoleh dari proses pengumpulan data,observasi,
dokumentasi, wawancara, dan survei yang menyajikan fakta di lapangan.
Hasil penelitiannya ditemukan bahwa Diskominfo Pamekasan melakukan
sejumlah Strategi dalam Menangkal Konten Hoaks Covid-19 (Edisi MaretDesember) 2020 yang pertama yakni berupa optimalisasi penggunaan media yang
dimiliki oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pamekasan berupa baliho,
videotron, website dan juga radio. Kedua, Melakukan edukasi kepada masyarakat
melalui mitra Diskominfo Pamekasan yakni Kelompok Informasi Masyarakat
(KIM). Ketiga, ikut aktif menjalin komunikasi yang baik dan bekerja sama dengan
pihak lainnya. Seperti bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana
Daerah (BPBD), Satuan Tugas (Satgas Covid-19) dan juga Dinas Kesehatan untuk
terus memberi informasi terkini atau ter-update tentang real Covid-19 di
Pamekasan.Temuan ini juga sejalan dengan teori yang digunakan dalam penelitian
ini sebagai pisau analisis yakni teori strategi komunikasi efektif Anwar Arifin
(1994).
Tidak tersedia versi lain