Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KELOMPOK INVESTIGASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII MTS SUNAN KALIJAGA LARANGAN LUAR PAMEKASAN
Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif, Model Kelompok Investigasi, Pelajaran
Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya daya tangkap siswa
terhadap pemahaman pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan
bahwa perlunya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk
menunjang minat siswa terhadap proses belajar pembelajaran tersebut. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan memaparkan penerapan metode pembelajaran
yang mampu menjawab permasalahan di atas yakni, pembelajaran kooperatif
model kelompok investigasi.
Fokus yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini yakni: Pertama,
Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model kelompok investigasi
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan
Luar Pamekasan ? Kedua, Apa kendala yang dihadapi dari penerapan
pembelajaran kooperatif model kelompok investigasi pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan ? Ketiga,
Bagaimanakah solusi guru dalam menghadapi kendala penerapan pembelajaran
kooperatif model kelompok investigasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
kelas VII di MTs Sunan Kalijaga Larangan Luar Pamekasan ?.
Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif.
kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi,
dokumentasi dengan sumber datanya yakni, Kepala Sekolah, guru bahasa
Indonesia dan siswa kelas VII MTs Sunan Kalijaga. Sedangkan Pengecekan
keabsahan data yang peneliti lakukan yakni melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, guru membagi siswa ke
dalam kelompok yang heterogen, Memberikan materi ajar yang berupa 1 lembar
gambar, menginstruksikan siswa supaya membagi sub topik yang harus di
investigasi masing-masing siswa, Menyiapkan laporan akhir, siswa
mempresentasikan laporan akhir, evaluasi. Kedua, Kendala dalam penerapan
metode pembelajaran kelompok investigasi ini yang pertama yakni dari segi
penilaian yang kurang objektif, Kemudian kendala selanjutnya yakni kurangnya
keharmonisan yang terjalin antara siswa. Ketiga, solusi dalam menghadapi
kendala penilaian yang kurang objektif, guru memberikan kesempatan bagi
masing-masing siswa untuk memberikan tanggapan pribadi, sedangkan solusi
untuk meminimalisir kurangnya kinerja dan keharmonisan antar siswa, maka guru
membagi kelompok secara heterogen.
Tidak tersedia versi lain