Text
PENERAPAN METODE JIBRIL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN BAGI SANTRI TAHFIDZUL QUR'AN DI TPQ HIDAYATUS SIBYAN WATES TANJUNG WRINGINANOM GRESIK
Kata kunci : Penerapan metode jibril, Pembelajaran Al-Qur’an,
Metode jibril itu Meniru bacaan seorang guru seperti Nabi Muhammad Saw
menirukan bacaan Alqur'an yang disampaikan oleh Malaikat Jibril, Setiap santri dapat
mempelajari bacaan Al-Qur'an dengan mujawwid dan tartil yang baik, dan pada
akhimya ditemukan suatu metode yang dinamai dengan metode jibril, metode ini
terbukti sangat baik dan cepat diterima oleh para santri, hal ini dibuktikan bahwa
santri TPQ dapat membaca Al-Qur'an secara mujawwid dan tartil dengan baik
dalam waktu satu tahun. Fokus penelitiannya ini yaitu : 1). Bagaimana Penerapan
metode jibril dalam pembelajaran Al-qur’an di TPQ Hidayatus sibyan Gresik Wates
tanjung Wringinanom Gresik. 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan
metode jibril bagi santri Tahfidzul Qur’an di TPQ Hidayatus sibyan Gresik Wates tanjung
Wringinanom Gresik. 3).Bagaimana gambaran keberhasilan penerapan metode jibril
dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Hidayatus sibyan Gresik Wates tanjung
Wringinanom Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriftif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan Metode jibril dalam
Pembelajaran Al-Qur’an ada 2. Yang pertama menyimak satu anak, berarti ketika
anak sedang membaca kita menyimak. Yang ke dua menyimak dengan dua anak
atau langsung dua-duanya berbunyi dan gurunya menyimak, jika santri ada
kesalahan tinggal di ulang dan diulang sampai bisa ini sangat penting sekali
karena dari Allah langsung di beritahukan kepada malaikat jibril. Dan untuk
pertama kalinya yang hanya mengerti apa yang di baca oleh malaikat jibril ini
hanyalah Rasulullah SAW dan juga bisa mengikuti dan menirukan bacaan nya.
Allah mewajibkan untuk umat muslim jika membaca Al-Qur’an harus membaca
dengan Taqlid dan Tahqiq yaitu dengan perlahan menggunakan tajwid dan harus
paham dengan makna ayat nya. 2).faktor pendukung dan penghambat
pembelajaran metode jibril yaitu metode jibril ini mempunyai kemampuan yang
sangat penting dalam upaya penyampaian tujuan dan mempunyai pedoman dalam
kehidupan individu, Untuk penghambatnya terkadang tidak dapat berproses secara
efisien dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar menuju tujuan pendidikan, 3).
Gambaran keberhasilan penerapan metode jibril dalam Pembelajaran Al-qur’an
santri cara membacanya itu enak di dengar dan fasih, Dan juga faktanya sekarang
sudah ada salah satu santri TPQ Hidayatus sibyan yang sudah mencapai jus 20.
Menurut saya itu menjadi bentuk suatu keberhasilan.
Tidak tersedia versi lain