Text
STRATEGI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AUD DI TK PEMBANGUNAN KELURAHAN DALPENANG SAMPANG
Kata kunci: Strategi, Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar
TK Pembangunan Sampang salah satu Taman Kanak-Kanak yang menggunakan
manajemen kelas. Salah satu orang yang berperan adalah kepala TK dan wali kelas. Pada
dasarnya guru harus mampu dalam mengatur, mengelola dan atau memenejemen kelas yang
mampu menciptakan suasana yang memungkinkan anak didik untuk belajar. Sebagai seorang
guru, motivasi anak sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan semangat belajar siswa. Kawasan
menuntut ilmu yang positif dapat membantu anak didik akan belajar dengan positif. Masalah ini
tentunya dapat memotivasi murid untuk fokus pada pembelajaran.Maka dari itu, tata kelola
kelompok yang positif sangat diperlukan buat mengoptimalkan pikiran anak dan menumbuhkan
motivasi belajar anak.
Dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian, pertama tentang Bagaimana
pelaksanaan strategi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar AUD di TK
Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang, dan yang kedua tentang faktor pendukung dan
faktor penghambat strategi manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar AUD di TK
Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Infomennya
adalah kepala TK Pembangunan Kelurahan Dalpenang Sampang dan beberapa guru wali kelas.
Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan triangulasi dan pengecekan anggota.
Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya
kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Perencanaan dan pelaksanaan strategi
maanjemen kelas di TK Pembangunan Sampang yaitu, dengan mengatur sarana dan prasarana
ruangan, mengubah model kursi dan meja, dan menyimpan alat bermain sesuai dengan
fungsinya; pelaksanaan manajemen kelas mentranfer dari apa yang sudah direncanakan oleh
semua guru sebelumnya dan disetujui oleh semua elemen sekolah. kedua Faktor yang
mendukung yaitu terealisasinya kerjasama yang baik antara kepala TK dengan para guru yang
lain di TK dalam mendidik dan membimbing motivasi anak didik. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kurangnya alat-alat pelaratan kelas atau media pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain