Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP PENGEMBANGAN ASPEK SENI (VISUAL ART) DAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI DI TK PGRI SAMPANG
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Eksperimen, Aspek Seni (visual art),
Kreatifitas Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat pendidikan paling mendasar
yang berfungsi sebagai tempat dan wadah dalam mengembangkan aspek-aspek
perkembangan serta kemampuan anak-anak usia dini. Saat ini masih banyak
lembaga-lembaga PAUD yang lebih memfokuskan pembelajarannya pada aspek
Nilai moral dan agama saja, padahal suatu pembelajaran dalam PAUD harus
mengembangkan semua aspek perkembangan anak termasuk aspek seni dan
kreatifitas. Hal itu juga selaras dengan fungsi pendidikan anak usia dini yang salah
satunya adalah mengembangkan keterampilan, kreatifitas, dan kemampuan yang
dimilliki anak. Berbicara pendidikan anak usia dini, ada banyak metode
pembelajaran yang digunakan dan telah disesuaikan dengan karakteristik anak
usia dini guna menstimulasi 6 aspek perkembangan. salah satunya adalah metode
eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode yang efektif dalam
mengembangkan aspek perkembangan anak serta metode yang sangat
menyenangkan dan tidak membosankan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap
pengembangan aspek seni dan kreatifitas anak usia dini.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen
model pre-test post-test one group design. Dalam pre-test maupun post-test
terdapat beberapa tahapan yang ditempuh peneliti yaitu, persiapan (planning),
pelaksanaan (action), penilaian (appraisal) dan evaluasi (evaluation). Subjek
penelitian adalah anak TK PGRI Sampang kelompok A yang berjumlah 15 anak.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode Tes dan dokumentasi. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu Lembar Performance Test dan dokumentasi
kegiatan-kegiatan dalam pembelajaran. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah
analisis kuantitatif dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode pembelajaran
eksperimen terhadap pengembangan aspek seni (visual art) dan kreatifitas anak
usia dini di TK PGRI Sampang.
Tidak tersedia versi lain