Text
IMPLEMENTASI BUDAYA 3S DALAM MENINGKATKAN NILAI PERILAKU KESOPANAN SISWA DI MTD AL ULA 1 SUMBER BATU BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN
KataKunci : Implementasi, Budaya 3S, Nilai Perilaku Kesopanan.
Dalam setiap lembaga kepala sekolah menjadi peran yang sangat penting
dalam membentuk karakter dan akhlak siswa disekolah, apalagi di lembaga
pendidikan formal yang terkait dengan pondok pesantren, kepala sekolah bukan
hanya menekankan pada ilmu pengetahuan saja namun juga perilaku dan kesopana
santun yang baik, apalagi dalam lingkup pondok pesantren. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana implementasi budaya
3S dalam meningkatkan nilai perilaku kesopanan siswa di MTs Al Ula 1 Sumber
Batu Blumbungan Larangan Pamekasan? 2) Apakah nilai perilaku kesopanan siswa
semakin meningkat setelah di implementasikan budaya 3S pada siswa di MTs AlUla 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan? 3) Bagaimana kendala dan
solusi dalam mengimplementasikan budaya 3S dalam meningkatkan nilai perilaku
kesopanan siswa di MTs Al Ula 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan
Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru agama dan waka
kurikulum. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif melalui reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan
trianggulasi metode, sumber, peneliti dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi budaya 3S dalam
meningkatkan nilai perilaku kesopanan siswa di MTs Al Ula 1 Sumber Batu
Blumbungan Larangan Pamekasan yaitu guru sebagai contoh kepada siswa seperti
halnya guru mengucapkan salam ketika masuk kelas sebagai contoh dan membina
akhlakul karimah siswa untuk berperilaku sopan. 2) Nilai Perilaku Kesopanan
siswa semakin meningkat setelah di Implementasikan budaya 3S pada siswa di MTs
Al-Ula 1 Sumber Batu Blumbungan Larangan Pamekasan yaitu semakin meningkat
karena bentuk budaya senyum salam sapa termasuk jalan awal untuk membina
karakter siswa dan nilai kesopanan sangat penting di lembaga MTs Al Ula 1 Sumber
Batu jadi kepala sekolah termasuk peran untuk meningkatkan nilai perilaku
kesopanan. 3) Kendala dan Solusi dalam mengimplementasikan budaya 3S dalam
meningkatkan nilai perilaku kesopanan Siswa di MTs Al Ula 1 Sumber Batu
Blumbungan Larangan Pamekasan yaitu kendala dalam setiap kegiatan pasti ada
dan dalam meningkatkan nilai perilaku kesopanan siswa kendalanya berbeda
bedanya karakter setiap siswa termasuk kendala yang paling besar apalagi terdapat
siswa yang sulit untuk mengikuti kata guru atau termasuk kategori nakal dan
solusinya yakni sebuah ketekunan dan kesabaran dari guru dalam meningkatkan
nilai kesopanan siswa.
Tidak tersedia versi lain