Text
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENAMBAH KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA AL-GHAZALI ROMBASAN PRAGAAN SUMENEP
Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle, Konsentrasi
Media memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mencapai tujuan
pembelajaran secara efektif. Karena media dalam proses pembelajaran dapat
mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajarannya yang pada gilirannya
diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana bentuk-bentuk media
pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep?., kedua
Bagaimana penerapan media pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan
Pragaan Sumenep?., ketiga Adakah hambatan dalam menerapkan media
pembelajaran puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep?.
Penilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
dikarenakan data yang diambil berupa kata-kata bukan angka. Sumber data yang
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah
Kepala Sekolah, Guru, serta murid-murid RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan
Sumenep.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Bentuk-bentuk Media
Pembelajaran Puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep sangatlah
sederhana dan dirancang sendiri oleh guru, yaitu hanya berupa gambar yang
berbentuk kepingan dengan model lurus. Penerapan bentuk dan model yang
sederhana diharapkan dapat mempermudah anak dalam menyusunnya. Kedua,
Penerapan Media Pembelajaran Puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan
Sumenep media pembelajaran puzzle yang diterapkan di RA Al-Ghazali tidak
jauh berbeda dengan penerapan media pembelajaran puzzle yang ada di lembaga
lembaga pendidikan anak usia dini pada umumnya. Hanya saja di RA Al-Ghazali
media pembelajaran puzzle yang diterapkan dalam pembelajaran biasanya berupa
gambar dari kertas yang kemudian dipotong potong lurus menjadi 2 sampai 4
bagian dan untuk gambarnya sendiri mengikuti tema yang sudah ditentukan
sebelumnya. Ketiga, Faktor penghambat dalam penerapan media pembelajaran
puzzle di RA Al-Ghazali Rombasan Pragaan Sumenep, yaitu karena keadaan
psikis anak yang masih ada yang mudah bosan dan lelah serta keadaan kelas yang
tidak kondusif dikarenakan adanya salah satu anak yang suka asyik sendiri dan
suka mengganggu temannya.
Tidak tersedia versi lain