Text
MOTIVASI BELAJAR SISWA PENYANDANG DISABILITAS FISIK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DI MA. MATSARATUL HUDA PANEMPAN
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Disabilitas Fisik, Kepercayaan Diri
Penyandang disabilitas fisik yakni orang yang memiliki keterbatasan fisik
yang disebabkan karena berbagai hal yakni dari lahir, ataupun disebabkan karena
kecelakaan sehingga mengalami kecacatan tubuh. Penelitian ini dilatar belakangi
oleh keingin tahuan peneliti tentang motivasi belajar anak yang memiliki
keterbatasan fisik sehingga bisa percaya diri bersekolah yang mayoritas temannya
normal tidak memiliki kecacatan fisik. Tujuan penelitian ini mengetahui motivasi
belajar anak penyandang disabilitas fisik dalam meningkatkan kepercayaan
dirinya di MA. Matsaratul Huda Panempan. Berdasarkan hal tersebut maka ada
tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yakni: Pertama,
bagaimana gambaran motivasi belajar anak penyandang disabilitas fisik di MA.
Matsaratul Huda Panempan? Kedua, bagaimana cara menumbuhkan rasa
kepercayaan diri anak penyandang disabilitas fisik di MA. Matsaratul Huda
Panempan? Ketiga, faktor apa saja yang mempengaruhi kepercayaan diri anak
penyandang disabilitas fisik di MA. Matsaratul Huda Panempan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data,
penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian pada pengecekan keabsahan data hasil
penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses
pengamatan, dan yang terakhir meliputi triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama Gambaran motivasi
belajar anak penyandang disabilitas fisik kelas XI IPA cukup baik. Anak tersebut
aktif dalam belajar, selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru dan bertanya
kepada temannya jika ada materi yang tidak dipahami. Selain itu anak tersebut
pada saat jam pelajaran selesai sering membaca buku. Guru memberikan materi
sesuai RPP maka sudah memadai pada anak yang memiliki keterbatasan fisik.
Kedua, Cara menumbuhkan rasa kepercayaan diri anak anak penyandang
disabilitas fisik yakni guru memberikan dorongan motivasi ataupun memberikan
arahan kepada anak tersebut agar lebih bisa percaya diri. Karena kurangnya rasa
percaya diri, anak tersebut masih merasa minder, malu, dan takut untuk
memberikan pendapat didepan kelas. Jadi, guru yang lebih aktif bertanya sehingga
anak tersebut terbiasa dan berani untuk mengungkapkan pendapatnya. Ketiga,
faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri anak penyandang disabilitas fisik
yakni dari faktor internalnya masih merasa malu dengan keterbatasan fisiknya
sehingga anak tersebut tidak percaya diri. Selain itu kurangnya dukungan dari
faktor eksternal yakni dukungan orang tuanya.
Tidak tersedia versi lain