Text
TINDAK TUTUR GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI RA AL-KAROMAH LARANGAN LUAR PAMEKASAN
Kata Kunci: Tindak Tutur, Guru
Penelitin ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap tuturan
guru taman kanak di RA Al-karomah Larangan Luar Larangan Pamekasan.
Tujuan peneletian ini untuk mendeskripsikan tuturn guru taman kanak –kanak
dalam proses belajar mengajar di RA AL-karomah tersebut
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang dijadikan
fokus utama dalam penelitian ini,yaitu:pertama,bagaimana bentuk tindak tutur
guru dalam proses belajar mengajar di RA Al-karomah Larangan luar larangan
pamekasan;kedua bagaiman fungsi tindak tutur guru taman kanak-kanak dalam
proses belajar mengajar di RA Al-karomah larangan luar larangan pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan
merupakan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh guru ketika
mengajar di dalam kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah tuturan
guru RA. Tehnik pengumpulan data yaitu tehnik simak dan catat,. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui trigulasi sumber
Berdasarkan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur
guru dalam proses belajar mengajar di RA Al-karomah larangan luar larangan
pamekasan terdiri atas, pertama (1) 3 jenis bentuk tindak tutur, pertama ada 20
bentuk tindak tutur lokusi, kedua ada 2 bentuk tindak tutur ilokusi, ketiga ada 20
bentuk tindak tutur perlokusi. (2) fungsi tindak tutur dan tuturan guru RA Alkaromah Larangan Luar terdapat 5 fungsi permintaan,5 fungsi pertanyaan 2 fungsi
,perintah 8 fungsi, larangan 3 fungsi dan pemberian izin 2 fungsi.
Tidak tersedia versi lain