Text
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA AN-NAJAH DI DESA KARDULUK KECAMATAN PRAGAAN KABUPATEN SUMENEP
Kata Kunci : Dampak Penggunaan Gadget, Perkembangan Sosial Emosional,
Anak Usia Dini
Perkembangan sosial emosional anak usia dini di masa modern tidak bisa
dilepaskan dari adanya pengaruh penggunaan gadget bagi anak karena semakin
pesatnya para pengguna yang diantaranya adalah kalangan anak usia dini itu
sendiri. Penggunaan gadget pada anak usia dini dapat berpotensi memicu adanya
gangguan perkembangan sosial emosional dan laju perkembangan yang sangat
pesat bagi anak dengan menunjukkan gejala-gejala yang didalamnya terdapat hal
positif dan hal negatif bagi jalannya kesuksesan dalam perkembangan sosial
emosional anak usia dini. Kecanduan terhadap gadget menjadi suatu masalah
perkembangan emosional anak usia dini yang menjadi pekerjaan besar bagi
beberapa elemen diantaranya yaitu pendidik, orang tua, dan pemerintah untuk
mengarahkan anak dalam penggunaan gadget kearah yang positif.
Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa masalah perkembangan sosial
emosional anak usia dini di RA An-Najah I Karduluk Kabupaten Sumenep
disebabkan oleh kecanduan anak dalam penggunaan gadget yang menjadi kajian
pokok penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penggunaan gadget oleh anak
didik di RA An-Najah I ?, kedua bagaimana perkembangan sosial emosional anak
didik di RA An-Najah I?, ketiga bagaimana dampak positif dan negatif
penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak didik di RA An-Najah I ?.
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana sumber yang
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi
narasumber yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa kelas B2, dan orang tua siswa
untuk pengecekan keabsahan data melalui pengamatan terus menerus,
memperpanjang masa observasi dan triangulasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : pertama penggunaan gadget
pada anak usia dini sering digunakan untuk bermain game dan memutar video di
aplikasi youtube dan anak didik mengalami kecanduan dalam menggunakan
gadget yang diakibatkan oleh adanya ketertarikan anak didik terhadap fitur-fitur
yang disediakan oleh gadget di dalamnya serta gadget sudah merupakan bagian
dari kehidupan anak didik di RA An-Najah I untuk selalu digunakan pada setiap
harinya. Kedua perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I
terbilang baik dan berkembangan karena bentuk emosi yang diketahui dari anak
didik mencakup ciri-ciri perkembangan sosial emosional anak usia dini. Ketiga
dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak didik di
RA An-Najah I memiliki pengaruh terhadap perkembangan anak yang dimana
terdapat hal positif dan negatif bagi perkembangan sosial anak usia dini. Nampak
jelas bahwa dampak positif penggunaan gadget pada perkembangan sosialvi
emosional anak didik di RA An-Najah I lebih besar dari pada dampak negatifnya,
diketahui bahwa perkembangan sosial emosional pada anak dapat berkembang
sesuai harapan dan baik.
Tidak tersedia versi lain