Text
PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-BANKING BRI SYARIAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN MADURA
Kata Kunci: Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, Minat Menggunakan EBanking, Kepuasan Nasabah
E-banking BRI Syariah merupakan salah satu bentuk produk jasa yang
telah ditawarkan kepada nasabah, guna sebagai alternatif untuk kebutuhan
melakukan transaksi perbankan syariah secara cepat dan aman. Persepsi
kemanfaatan dan kepercayaan nasabah terhadap e-banking BRI Syariah adalah
sebagai faktor penting untuk menarik minat nasabah menggunakan produk tersebut.
Karena semakin nasabah percaya akan suatu sistem informasi perbankan yang
digunakan bermanfaat bagi dirinya maka semakin tinggi pencapaian bank atas
kepuasan nasabah. Sehingga hal ini dapat menimbulkan keinginan atau minat para
nasabah untuk tetap tinggal dan bertahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Kemanfaatan
dan Kepercayaan terhadap Minat menggunakan E-Banking BRI Syariah dengan
Kepuasan sebagai variabel intervening pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam IAIN Madura. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa S1 FEBI IAIN Madura, dengan hasil
sampel yang diambil sebanyak 139 responden. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan teknik sampel purposive sampling, dengan karakteristik: (1)
Mahasiswa aktif FEBI IAIN Madura semester 4 s/d 8 Tahun Akademik 2019-2020.
(2) Mahasiswa yang memiliki rekening aktif BRI Syariah dan teregistrasi sebagai
pengguna e-banking. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan
alat bantu IBM SPSS Statistic 26. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas,
uji asumsi klasik, dan uji menggunakan path analysis.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel persepsi
kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan ebanking BRI Syariah mahasiswa FEBI IAIN Madura.Variabel kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan e-banking BRI
Syariah mahasiswa FEBI IAIN Madura. Variabel kepuasan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat nasabah menggunakaan e-banking BRI Syariah
mahasiswa FEBI IAIN Madura.
Tidak tersedia versi lain