Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KSPPS BMT NU CABANG CAMPLONG SAMPANG
Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah
Kualitas pelayanan dapat diukur dengan lima dimensi sesuai dengan
urutan derajat kepentingan relatifnya, yaitu keandalan, jaminan, bukti fisik,
empati dan daya tanggap. Peran manajemen pemasaran bukan lagi hanya
membuat strategi untuk mendapatkan pelanggan melainkan menjadikan
pelanggan tersebut loyal kepada perusahaan. Melalui pelanggan yang loyal
perusahaan bisa mendapatkan pelanggan baru. Hal tersebut dikarenakan salah satu
perilaku pelanggan yang loyal yaitu merekomendasikan perusahaan yang
bersangkutan kepada orang lain. Maka dari itu, seorang pelanggan yang loyal
akan menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan. Kepuasan pelanggan
merupakan salah satu kunci untuk menciptakan loyalitas pelanggan, karena
pelanggan yang puas akan cenderung loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhadap loyalitas nasabah di KSPPS BMT NU cabang camplong
sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Sampel yang
digunakan sebanyak 100 orang.Pengumpulan data menggunakan kuesioner,
observasi, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi Y = 1,884 + 0,393 X.
Koefisien determinasi sebesar 48,5%. Hal ini menunjukkan sebesar 48,5%
kualitas pelayanan , sedangkan sisanya 51,5% dijelaskan oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji T yang didapat dalam penelitian ini
adalah Thitung sebesar 9,610 sedangkan Ttabel2,365 (thitung>ttabel).Artinya terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan dari Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Nasabah (Y).
Tidak tersedia versi lain