Text
STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA PADA PRODUK SIMPANAN LEBARAN (SABAR) DI KSPPS BMT NU CABANG KADUR PAMEKASAN
Kata Kunci : Strategi, Personal Selling, Simpanan Lebaran.
Strategi merupakan sebuah rencana yang disatukan. Sedangkan personal
selling merupakan terdapat kontak pribadi secara langsung antara penjual dan
pembeli. Adapun produk simpanan lebaran (SABAR) merupakan simpanan yang
mempermudah anggota untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Strategi Personal Selling Dalam
Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) Di
KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan yang dimana tujuannya untuk
mengetahui Bagaimana Strategi Personal Selling Dalam Meningkatkan Jumlah
Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) Di KSPPS BMT NU Cabang
Kadur Pamekasan dan Peran Personal Selling Dalam Meningkatkan Jumlah
Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR) Di KSPPS BMT NU Cabang
Kadur Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data
deskriptif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan informan dalam penelitian ini
adalah kepala cabang dan para karyawan serta anggota produk simpanan lebaran
(SABAR) Di KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan.
Hasil penelitian pertama ini menunjukkan bahwa, Strategi Personal
Selling Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran
(SABAR) Di KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan dilakukan dengan cara
yang sudah tersusun dengan baik agar bisa memudahkan dalam pemasaran
produknya secara langsung dalam bersosialisasi kepada masyarakat dengan cukup
panjang diantaranya yaitu karyawan langsung mendatangi ke setiap rumah-rumah
untuk memasarkan produknya secara langsung kepada anggota, bisa juga
kelembaga pendidikan, ibu-ibu arisan. Kegiatan ini dapat dikatakan efektif karena
sangat membantu anggota untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Waktu
pengambilannya hanya bisa dilakukan pada tanggal 1-28 Ramadhan. Sedangkan
hasil penelitian yang kedua ini menunjukkan bahwa Peran Personal Selling
Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Lebaran (SABAR)
Di KSPPS BMT NU Cabang Kadur Pamekasan hanya dilakukan dengan cara
menggunakan personal selling tidak menggunakan media sosial karena targetnya
hanya orang-orang desa bukan orang-orang kota maka dari itu pihak BMT NU
Cabang Kadur tetap menggunakan personal selling agar anggota lebih mengerti
dan paham menggunakan personal selling dari pada media sosial, karena kalau
menggunakan media sosial anggota masih belum banyak mengetahui tentang
adanya produk simpanan terutama produk simpanan lebaran (SABAR).
Tidak tersedia versi lain