Text
ANALISIS PELAYANAN PRIMA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
Kata Kunci : Pelayana Prima, Kepuasan Konsumen, Meningkatkan Kepuasan
PT. BPRS Sarana Prima Mandiri adalah bank yang saat ini memiliki
modal terbesar diantara bank Syari’ah lainnya di pamekasan, dia mengalami
peningkatan yang sangat signifikan di tahun 2018 terakhir, yang lebih menarik
turunnya pembiayaan bermasalah disaat bisnis tumbuh secara agresif, hal itu
disebabkan terselenggaranya pelayanan yang prima, artinya, bank SPM mampu
menerap pelayanan yang sangat baik kepada masyarakat sampai pada standar
yang ditentukan diantaranya memperhatikan setiap konsep pelayanan prima
yakni Sikap, Kemampuan, Perhatian, Tindakan, Tanggung Jawab.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yakni: Pertama, Bagaimana pelayanan prima di PT
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan; Kedua Bagaimana peran pelayanan
prima di PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dengan informan yang meliputi 10 karyawan, yang mewakili seluruh anggota
struktur PT BPRS Sarana Prima Mandiri dan 4 nasabah yang mewakili seluruh
Nasabah PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahw: Pertama Pelayanan Prima di
PT BPRS Saranan Prima Mandiri, berjalan sesuai dengan standar yang berlaku
yakni mampu berkompetensi terhadap sikap, kemampuan, pengetahuan,
penampilan, tanggung jawab, dan perhatian. Kedua, Peran pelayanan prima
sebagai upaya meningkatkan kepuasan nasabah, PT BPRS menempatkan
pelayanan diatas segalanya, mengapa begitu upaya yang dilakukan akan
menghasilkan sebuah keberhasilan, diantaranya adalah meningkatkan
pendapatan, mengurangi pembiayaan bermasalah, mencetak kepribadian yang
unggul, keberlangsungan lembaga dalam jangka panjang dan memberikan
banyak kesempatan untuk bermitra dengan perusahan yang lain. Sedangkan
dalam meningkatkan kepuasan nasabah PT BPRS SPM melakukan strategi
sebagai berikut; kenali latar belakang nasabah, kenali keluarganya, berikan
kontak person, menganggap mereka adalah keluarga, dan yang paling penting
tau hari ulang tahunnya. Dan berikan sistem yang semudah-mudahnya kepada
nasabah dalam transaksi seperti layanan antar tark manusia yang menjadi
indikator menarik dalam meningkatkan kepuasan nasabah.
Tidak tersedia versi lain