Text
PENGELOLAAN PROGRAM AMALIAH TADRIS DALAM PEMBENTUKAN KOMPETENSI CALON GURU DI PONDOK PESANTREN NURULHUDA PAKANDANGAN
Kata Kunci :Pengelolaan,Amaliah Tadris dan Kompetensi Guru
Kompetensi Mengajar adalah Kompetensi yang harus dimiliki oleh Guru,
dimana dengan menguasai komptensi tersebut guru akan mudah mengembangkan
mengajar lebih efektif dan efisien, untuk mencapai guru yang berkompeten, mka
perlu adanya pelatihan-pelatihan mendasar secara optimal tentang belajar
mengajar, pelatihan itu bisa kita sebut dengan Micro Teaching Atau Amaliah
Tadris yang mana dalam pelatihan tersebut ada beberapa unsur yang memang
harus dan perlu dikuasai oleh calon guru, diantaranya adalah pemahaman metode
mengajar, tujuan umum dan khusus dala pembuatan I’dad/RPP dan penanaman
jiwa pendidik.
Berdasarkan hal tersebut, maka beberapa permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana perencanaan program Amaliah
Tadris di Pondok Pesantren Nurul Huda?. Bagaimana pelaksanaannya dan
bagaimana kualitas guru pasca mengikuti program Amaliah Tadris?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah pimpinan Pondok, Guru dan sebagian Santri. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kompetensi calon Guru melalui
pengelolaan Program Amaliah Tadris adalah Perencanaan, Pelaksaan dan
Evaluasi dari jalannya praktek mengajar. Perencanaan dalam Program Amaliah
TAdris memiliki beberapa kegiatan, diantaranya ialah: Ujian Materi Tarbiyah waTa’lim, Pengarahan Tarbiyah Amaliah, Penghafalan Thuruqut Tadris Pengarahan
Praktikum dan Pengarahan TIU-TIK.
Pelaksanaan program Amaliah Tadris diawali dengan pemberian tiket
praktek mengajar untuk membuat persiapan mengajar, dalam Amaliah Tadris
diikuti seluruh peserta praktek mengajar beserta dewan guru dan pembimbing
untuk mempersiapkan dan menilai jalannya praktek mengajar.
Ada pula Evalusi pasca praktek mengajar yang diikuti oleh dewan
pembimbing dan seluruh peserta Amaliah Tadris untuk menyampaikan kritikan
dari kesalahan yang dilakukan oleh pengajar.
Tidak tersedia versi lain