Text
KESULITAN BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA AL-FALAH SUMBER GAYAM KADUR KABUPATEN PAMEKASAN
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Bahasa Indonesia. Belajar merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan orang. Belajar dilakukan hampir setiap waktu, kapan saja, dimana saja, dan sedang melakukan apa saja, misalnya di sekolah, di rumah, di jalan, di pasar, di dalam bus, sedang bekerja, sedang bermain, dan seterusnya. Apabila Siswa mengalami kesulitan belajar di kelas, maka guru di tuntut untuk menimalisir sehingga kesulitan belajar yang mengganggu siswa bisa teratasi . Kesulitan- kesulitan yang sering dihadapi siswa dalam menghadapi pembelajaran bahasa indonesia, kesulitan dalam memahami teks, dan juga kesulitan dalam memahami keterampilan berbahasa pada materi bahasa indonesia tersebut. Dalam kurikulum 2013, pelajaran bahasa indonesia diintegrasikan dengan pelajaran lainnya. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja jenis-jenis Kesulitan Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Kabupaten Pamekasan; kedua, bagaimana cara mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Kabupaten Pamekasan; ketiga, apa saja faktor yang mempengaruhi Kesulitan Belajar Si swa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Kabupaten Pamekasan. Oleh karena itu dengan adanya permasalahan yang dialami oleh siswa bahasa Indonesia guru di menjadi garda terdepan dalam meminimalisir kesulitan yang dialami oleh peserta didik yang mana di sekolah SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Kabupaten Pamekasan teru.tamanya kelas XI guru ketika melakukan pembelajaran mengubah metode belajar dan lebih memberi perhatian lebih kepada siswa yang memiliki kesulitan belajar di samping itu pula guru memancing siswa untuk mengulang pelajaran sebelumya dan guru juga melakukan bimbingan belajar khusus terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran bahasa Indonesia, Dalam hal ini bukan Cuma guru yang berperan aktif namun kepekaan orang tua dan memperhatikan pola belajar anak menjadi salah satu factor terpenting dalam meminimalisir kesulitan belajar terhadap siswa karena orang tua yang lebih tahu kegiatan anaknya dan orang tua jangan banyak menuntut terhadap anaknya agar anak tersebut tidak merasa terkekang dan tidak depresi dalam pelajaran.
Tidak tersedia versi lain