Text
PENERPAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PEMULA DI TK AL-AZHAR DESA PAGENDINGAN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
Kata kunci : Media Kartu Kata, Kemampuan Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di TK AL-AZHAR Pagendingan dalam kegiatan pembelajaran media kartu kata ini memang sudah diterapkan oleh pendidik. Apabila ada kegiatan yang harus mengembangkan aspek bahasa dalam kemampuan membaca, permainan kartu kata ini digunakan, yaitu kegiatan pembelajarannya dengan menggunakan potongan-potongan kartu yang terbuat dari kertas karton atau kertas HVS berbentuk persegi panjang yang bertuliskan kata-kata sesuai tema pembelajaran. Dimana guru menunjuk satu anak dan memilih satu kartu dalam posisi terbalik, guru meminta anak mengucapkan satu per satu huruf dari kata yang dipiliihnya, kemudian anak membaca kata tersebut dengan jelas. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu Pertama, bagaimana penerapan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pemula di TK AL-AZHAR pagendingan. Kedua, apa saja manfaat dari penerapan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pemula di TK AL-AZHAR pagendingan. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pemula di TK AL-AZHAR pagendingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini peneliti melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pemula di TK AL-AZHAR Pagendingan sebelum kegiatan dimulai guru mengajak anak untuk bernyanyi, dalam penerapannya guru menunjukkan media kartu kata, anak mengambil satu kartu dalam posisi terbalik, guru menyuruh anak untuk mengucapkan satu per satu huruf yang ada dalam kata tersebut, setelah itu anak membaca kata tersebut dengan jelas. Jika ada seorang anak yang tidak bisa maka guru memberi tahukan ciri-ciri dari nama hewan tersebut, kemudian guru menyuruh untuk mengeja nama hewan yang tercantum. Kedua, Manfaat dari penerapan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pemula yaitu anak dapat membaca, anak dapat mengenal huruf, dan dapat memperbanyak kosakata. Ketiga, Faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pemula yaitu faktor pendukung: gambar dan guru memberikan semangat pada anak, sedangkan faktor penghambatnya: ukuran kartu atau tulisannya kurang besar dan kurangnya media.
Tidak tersedia versi lain