Text
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI OUTDOOR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MAKHLUK HIDUP KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA ELLAK LAOK LENTENG SUMENEP
Kata Kunci: Minat belajar, Strategi Outdoor, Pembelajaran IPA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata
pelajaran IPA. Hal itu terjadi disebabkan karena rasa bosan, tidak percaya diri yang dimiliki
siswa. Kondisi ini membuat mereka terhambat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Sehingga perlu adanya penerapan strategi yang sesuai dengan pelajaran IPA yaitu strategi
Outdoor. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi Outdoor dan hasil
penerapan strategi Outdoor pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa
kelas IV MI Miftahul Huda Sumenep.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahul Huda Sumenep yang berjumlah 12 orang. Penelitian
ini, antara peneliti dan guru kelas IV MI Miftahul Huda Ellak Laok Lenteng Sumenep
mengadakan kolaborasi untuk menentukan kriteria yang digunakan dalam keberhasilan dalam
suatu pembelajaran. Dan strategi yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,
tes, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tindakan kelas disini dilaksanakan dalam 2
siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan pada setiap siklus terdapat kegiatan
perencanaan meliputi: mengembangkan RPP menyiapkan lembar instrumen kemampuan
siswa, implementasi tindakan meliputi tindakan penelitian pada pembelajaran yang dilakukan
secara fleksibel, observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran, dan refleksi yag dilakukan
untuk memikirkan dan mengkaji hasil tindakan pada kegiatan yang telah dilaksanakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II maka
diketahui bahwa strategi outdoor dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MI Miftahul
Huda Ellak Laok Lenteng Sumenep, yaitu, pertama, Pra tindakan menunjukkan bahwa
kemampuan berminat belajari siswa masih berada di posisi rendah dengan nilai 118 dengan
rata-rata 10 dan presentase 8,3%. Kedua, Siklus I nilai siswa naik mencapai 155 dengan ratarata 12,9 dan presentase 41,67%. Ketiga, Siklus II dengan jumlah nilai 186 dengan rata-rata
mencapai 15,42 dan presentase 75%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan strategi outdoor
dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ellak Laok.
Tidak tersedia versi lain