Text
STRATEGI PEMASARANPRODUK PEMBIAYAAN LASISMA DI KSPPS BMT NUANSA UMAT JAWA TIMUR CABANG LARANGAN PAMEKASAN
Kata Kunci: Pemasaran, pembiayaan Tampa Jaminan
Lembaga keuangan koprasi yang disebut dengan KSPPS ( Koprasi Simpan
Pinjam Pembiayaan Syariah ) disini tugas KSPPS menyalurkan dana dan
himpunan dana seecara syariah. Pada lembaga keuanga mikro seperti KSPPS
BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan, disadari perlu
bersaing dengan pemasaran produk serta jasa lainnya. Sehiengga perlu strategi
pemasaran roduk pembiayaan lasisma adalah produk pembiayaan tampa jaminan
yang berbasis jama’ah.produk pembayaan lasisma ini atau produk pembiayaan
tampa jaminan yang berbasis jama’ah sudah menjadi produk unggulan di KSPPS
BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informasi dalam penelitia ini adalah kepala Cabang dan kariawan di KSPPS BMT
Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan.
Hasil penelitan ini menujukan bahwa strategi pemasaran produk
pembiayaan lasisma ini sangatlah bagus. Karena KSPPS BMT Nuansa Umat Jawa
Timur Cabang Larangan Pamekasan mengunakan stratgi pemasaran marketing
Mix yang disebut juga dengan 4P yaitu Produk, Price, Place, dan
Promotion.strategi ini digunakan untuk menarik calon anggota atau calon nasabah
untuk mengambil produk pembiayaan lasisma atau disebut juga produk
pembiayaan tampa jaminan yang berbasis jama’ah tersebut. Adapan efektifitas
strategi pemasaran Marketing Mix produk pembiayaan Lasisma di KSPPS BMT
Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan menunjukan adanya
peningkatan jumlah kelompok dari awal tahun 2017 hanya berjumlah 9 kelompok,
ditahun 2018 meningkatkan menjadi 28 kelompok, pada tahun 2019 meningkat
menjadi 38 kelomok, dan pada tahun 2020 sudah menjadi 58 kelompok dengan
demikian diketahui bahwa efektifitas meningkat perolehan jumlah kelompok
setiap tahunny
Tidak tersedia versi lain