Text
UPAYA DOSEN TADRIS IPS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MAHASISWA: STUDI KASUS PADA MATA KULIAH PENGANTAR GEOGRAFI PRODI TADRIS IPS IAIN MADURA
Kata Kunci: Belajar, Mahasiswa, IPS
Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang
atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya
pengajaran dan pelatihan. Pendidikan dapat diperoleh melalui dua cara, yaitu
formal dan non formal, pendidikan formal merupakan pendidikan yang terstruktur
oleh suatu instansi tertentu, sedangkan pendidikan non formal merupakan
pendidikan yang diperoleh seseorang melaui pengalaman hidup baik itu
pengalaman sendiri atau orang lain.
Berdasarkan hal tersebut hal tersebut, maka dapat ditentukan
permasalahan yang menjadi fokus penelitian yaitu: PertamaBagaimana Upaya
Dosen Tadris IPS dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris IPS pada
Mata Kuliah Pengantar Geografi, Kedua Apa Saja Faktor Pendukung Dan
Penghambat Upaya Dosen Tadris IPS dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Mahasiswa Tadris IPS pada Mata Kuliah Pengantar Geografi, Ketiga Apa Saja
Dampak Upaya Dosen Tadris IPS dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa
Tadris IPS pada Mata Kuliah Pengantar Geografi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informasinya diperoleh dari Dosen Tadris IPS. Sedangkan pengecekan keabsahan
data dilakukan dengan pengamatan langsung dan tringaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya Dosen Tadris IPS dalam
Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris IPS pada Mata Kuliah Pengantar
Geografi Caranya dengan membimbing, melaksnakan pembelajaran sesuai dengan
lingkungan sekitar, dan menyediakan sumber belajar yang relevan sehingga
mahasiswa mudah untuk memahami pembelajaran.Faktor pendukung dan
penghambat Upaya Dosen Tadris IPS dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Mahasiswa Tadris IPS pada Mata Kuliah Pengantar Geografi Penghambat: tidak
memiliki background IPS, sumber belajar yang tidak memadai, pembelajaran
yang lebih mengarah kehafalan dan terlalu banyak istilah ilmiah yang susah
dipahami.sumber belajar kontekstual, tenaga pengajar yang linier, beberapa alat
belajar yang tersedia di Lab Kampus, dan perpustakaan yang memadai.Dampak
Upaya Dosen Tadris IPS dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Tadris IPS
pada mata kuliah pengantar geografi Menunjukkan perilaku yang berkelainan,
seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan pekerjaan rumah,
menganggu di dalam atau pun di luar kelas, tidak mau mencatat pelajaran, tidak
teratur dalam kegiatan belajar, sebainya.
Tidak tersedia versi lain