Text
PENGARUH FASILITAS TRANSAKSI KEUANGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI KCP PAMEKASAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN MADURA)
Kata Kunci: Layanan Mobile Banking, Automathic Teller Machine, Kepuasan
Nasabah
Layanan Mobile Banking merupakan salah satu fasilitas yang diberikan
bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi sehari-hari.
Automatic Teller Machine (ATM) merupakan sistem pelayanan yang diberikan
kepada nasabah secara elektronik dengan menggunakan komputer untuk
mengupayakan penyelesaian secara otomatis dari sebagian fungsi yang biasanya
dilakukan oleh teller. Melalui layanan berbasis aplikasi, nasabah bisa bertransaksi
dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengantri di kantor bank. Tentu dengan
adanya Layanan Mobile Banking dan Automathic Teller Machine ini diharapkan
bisa menjadi solusi permasalahan nasabah sehingga kepuasan nasabah dan
loyalitas menjadi tujuan akhir. Salah satu perbankan yang telah memberikan
Layanan Mobile Banking dan Automathic Teller Machine adalah BSI KCP
Pamekasan.
Tujuan penelitian ini ingin lebih jauh mengetahui dan menganalisis
seberapa besar pengaruh Layanan Mobile Banking dan Automathic Teller Machine
terhadap Kepuasan Nasabah BSI KCP Pamekasan (Studi Kasus Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 989
nasabah dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yang
menghasilkan 90 nasabah sebagai responden dalam penelitian ini. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah anlisis regresi
linier berganda dengan menggunkan bantuan alikasi SPSS versi 23.
Berdasarkan anslisis regresi diperoleh persamaan Y = -12,468 + 0,674X1 +
0,613X2 dengan koefisien determinasi 66,9% yang berarti bahwa Kepuasan
Nasabah dapat dijelaskan oleh variasi variabel Layanan Mobile Banking dan
Automathic Teller Machine. Sedangkan sisanya (100% - 66,9% = 33,1%)
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada
Layanan Mobile Banking dan Automathic Teller Machine secara simultan
berpengaruh terhadap Kepuasan Nasabah BSI KCP Pamekasan dengan hasil uji F
Fhitung sebesar 90,950 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 dan Ftabel sebesar
2,32. Maka nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan tingkat probabilitas 0,000 yang
berada dibawah a = 0,05. Sedangkan untuk hasil uji parsial, keduanya
menunjukkan hasil yang signifikan yaitu Mobile Banking (X1) dengan thitung 5,634
> ttabel 1,663 dan Automathic Teller Machine (X2) dengan thitung 5,108 > ttabel 1,663.
Tidak tersedia versi lain