Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS DALAM MENINGKATKAN MINAT ANGGOTA DI BMT NUANSA UMAT CABANG LARANGAN PAMEKASAN
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Gadai Emas
Dalam mensosialisasikan suatu produk maka tidak terlepas dengan strategi
pemasaran, strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan
sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut, dengan
demikian strategi pemasaran harus memberikan gambaran yang jelas dan terarah
tentang apa yang dilakukan dan menggunakan setiap kesempatan atau peluang
pada beberapa pasar sasaran. Gadai syariah merupakan perjanjian perjanjian
antara seseorang atau lembaga keuangan untuk menyerahkan harta benda berupa
emas, perhiasan atau harta benda lainnya sebagai jaminan atau angunan kepada
seorang atau kepada lembaga syariah berdasarkan hukum syariah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pertama Bagaimana implementasi strategi pemasaran
produk gadai emas yang dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Cabang Larangan
Pamekasan? Kedua Bagaimana faktor pendorong dan penghambat strategi
pemasaran produk gadai emas yang dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Cabang
larangan Pamekasan?
Metode yang digunakan untuk penelitian adalah dengan menggunakan
metode penelitian lapangan (field research) dan jenis penelitiannya adalah
kualitatif. Dengan sumber data Wawancara, dan dokumentasi dimana yang
menjadi informannya adalah pihak BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan.
Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian ini
menunjukkan Pertama Impementasi strategi pemasaran produk gadai emas di
BMT NU Cabang Larangan menggunakan Marketing Mix (4p) 1) Strategi Produk
2) Strategi Harga (place) 3) Strategi lokasi (Place) dan Strategi Promosi
(Promotion). Kedua Faktor pendorong dan penghambat strategi pemasaran di
BMT NU Cabang Larangan. 1) Faktor pendorong yaitu: a) Produk gadai emas di
BMT NU Cabang Larangan dihitung secara harian sehingga masyarakat bisa
tertarik dalam proses pemasaran, b) Biaya administrasi ditanggung pihak BMT, c)
Adanya layanan jemput bola. 2) faktor penghambat strategi pemasaran produk
gadai emas di BMT NU cabang Larangan yaitu: a) Banyaknya lembaga keungan
yang memiliki produk gadai emas yang lebih dahulu ada di kecamatan Larangan,
b) minimnya pengetahuan tentang produk Gadai emas yang ada di BMT NU
Cabang larangan, c) promosi menggukan media brosur memiliki pengaruh yang
cukup lama dibandingkan dengan rekomendasi orang lain mengenai produk gadai
emas yang ada di BMT NU Cabang Larangan.
Tidak tersedia versi lain