Text
IMPLEMENTASI SEGMENTING, POSITIONING, PRRODUK PEMBIAYAAN MODAL USAHA BAROKAH (MUB) DI BMT UGT SIDOGIRI CAPEM PEGANTENAN
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmenting Targeting Positioning
BMT UGT Sidogiri Capem Pegantenan adalah koperasi yang bergerak dalam bidang
memberikan jasa pembiayaan (pembiayaan bagi para anggota). Dengan berbagai macam
pembiayaan, pembiayaan modal usaha barokah merupakan pembiayaan yang paling banyak
peminat dan yang sangat digemari, dikarenakan BMT UGT Sidogiri Capem Pegantenan
memiliki pemasaran yang sangat bagus sekali. Dari hal itu maka penelitian ini dilakukan.
Selain itu BMT UGT Sidogiri Capem Pegantenan terus menerus melakukan strategi
pemasaran yang sangat baik sekali agar dapat mempertahankan dan bahkan menambah
jumlah anggota pembiayaan modal usaha barokah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pertama, implementasi STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) pembiayaan modal
usaha barokah di BMT UGT Sidogiri Capem Pegantenan. Kedua, efektivitas strategi STP
(Segmenting, Targeting, dan Positioning) pembiayaan modal usaha barokah di BMT UGT
Sidogiri Capem Pegantenan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini
menggunakan 3 informan yaitu kepala cabang, karyawan bagian pembiayaan, dan bagian
admin keuangan. Adapun observasinya yaitu lokasi penelitian di BMT UGT Sidogiri Capem
Pegantenan mengenai strategi pemasaran segmenting, targeting, dan positioning produk
pembiayaan modal usaha barokah. Sedangkan dokumentasinya yaitu profil BMT UGT
Sidogiri Capem Pegantenan, struktur organisasi, data informan dan brosur pembiayaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, strategi pemasaran STP produk
pembiayaan modal usaha barokah di BMT UGT Sidogiri Capem Pegantenan dilakukan
dengan cara menentukan segmentasi pasarnya terlebih dahulu yang dibagi berdasarkan
geografik, sedangkan dari segi usia dan jenis kelamin, tidak ada persyaratan khusus, namun
yang paling penting harus memiliki KTP. Target pasar di kecamatan pegantenan adalah pasar
pegantenan dan perkampungan/toko dikarenakan lokasi usaha yang dekat dengan target
pasar. Kemudian posisi pasar adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah dan
maksimal agar anggota tertarik dan mengambil pembiayaan modal usaha barokah di BMT
UGT Sidogiri Capem Pegantenan. Kedua, efektivitas strategi STP BMT UGT Sidogiri
Capem Pegantenan dinilai efektif dan berhasil dikarenakan jumlah anggota dari tahun 2018
hingga 2019 terus mengalami peningkatan. Hal ini sesuai dengan tujuan BMT UGT Sidogiri
Capem Pegantenan mempertahankan dan menambah jumlah anggota
Tidak tersedia versi lain