Text
LAYANAN GADAI DI BMT NUANSA UMAT JAWA TIMUR CABANG TLANAKAN PAMEKASAN
Kata Kunci: Layanan Gadai
Pada penelitian ini terdapat enam fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana
implementasi Compliance di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan
Pamekasan? (2) Bagaimana implementasi Assurance di BMT Nuansa Umat Jawa
Timur Cabang Tlanakan Pamekasan? (3) Bagaimana implementasi Reliability di
BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan? (4) Bagaimana
implementasi Tangibility di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan
Pamekasan? (5) Bagaimana implementasi Emphaty di BMT Nuansa Umat Jawa
Timur Cabang Tlankan Pamekasan? (6) Bagaimana implementasi Responsiveness
di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber datanya adalah
pimpinan/kepala cabang, dan karyawan-karyawati BMT Nuansa Umat Jawa
Timur cabang Tlanakan Pamekasan, sedangkan prosedur pengumpulan datanya
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada pengecekan
keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini yaitu (1) Implementasi Compliance pada produk gadai
di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu sesuai
syariat Islam, yaitu menggunakan sistem sewa yang hanya mendapatkan
Ujroh/ongkos penitipan 2% per bulan. (2) Implementasi Assurance pada produk
gadai di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu
memberikan pelayanan yang ramah, sopan dan santun serta menambah
pengetahuan/wawasan kepada nasabah dan pengunjung lainnya.(3) Implementasi
Reliability pada produk gadai di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang
Tlanakan Pamekasan yaitu dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan
akurat, hal tersebut untuk meminimalisir antrian dan untuk mempermudah Umat.
(4) Implementasi Tangibility pada produk gadai di BMT Nuansa Umat Jawa
Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu dilengkapi dengan kursi, AC dan
CCTV. Di sana juga disediakan artikel dan majalah bahan bacaan ketika sedang
mengantri. (5) Implementasi Emphaty pada produk gadai di BMT Nuansa Umat
Jawa Timur Cabang Tlankan Pamekasan yaitu dengan berusaha memahami
keinginan nasabah. Caranya dengan pertama-tama karyawan bertanya kepada
nasabah apa yang bisa dibantu, dan menanyakan kepentingannya dengan bahasa
yang lemah lembut dan. (6) Implementasi Responsiveness pada produk gadai di
BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu dengan cara
bersedia membantu dan siap merespon permintaan nasabah, serta harus mampu
berkomunikasi yang baik dengan nasabah.
Tidak tersedia versi lain