Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS ANGGOTAA PRODUK TABUNGAN UMUM SYARIAH DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Loyalitas
BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan merupakan suatu lembaga yang
produknya banyak diminati masyarakat, baik itu pada produk simpanan maupun
produk pembiayaan. Salah satu produk simpanan yang banyak diminati
masyarakat sekaligus produk unggulan adalah produk Tabungan Umum Syariah
yang merupakan produk inti dari BMT UGT Sidogiri. Namun mempertahankan
anggota tetap menjadi prioritas utama bagi perusahaan dengan semakin ketatnya
persaingan dari lembaga-lembaga keuangan lainnya yang banyak berkembang di
daerah Pamekasan, maka sangat diperlukan kualitas pelayanan dan kualitas
produk yang baik agar menumbuhkan rasa kepercayaan, nyaman, amandan rasa
ingin terus menggunakan jasa dari BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah Kualitas Pelayanan (X1) dan
Kualitas Produk (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota Tabungan Umum
Syariah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan
sebanyak 87 orang denganSampling purposive. Analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil uji t (parsial) variabel Kualitas Pelayanan(X1) diperoleh thitung 6,120>
ttabel 1,663 dengan taraf signifikan 0,000< 0,05. Variabel Kualitas Produk (X2)
diperoleh thitung 4,329> ttabel 1,663 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil
uji t dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanandan Kualitas Produk
berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Anggota Tabungan Umum Syariah
di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Hasil uji signifikasi secara simultan
(uji F) diperoleh Fhitung 127,518> Ftabel 3,95 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05
menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Kualitas Produk (X2)
berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota Tabungan Umum Syariah di BMT UGT
Sidogiri Cabang Pamekasan. Kualitas Pelayanandan Kualitas Produk memberikan
kontribusi terhadap Loyalitas Anggota Tabungan Umum Syariah di BMT UGT
Sidogiri Cabang Pamekasan sebesar 74,6% (26,4% sisanya dipengaruhi yang lain).
Tidak tersedia versi lain