Text
STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENAMBAH JUMLAH ANGGOTA PENGGUNA PRODUK MODAL USAHA BAROKAH DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PAMEKASAN
Kata Kunci: Strategi Promosi, Produk Modal Usaha Barokah.
Lembaga keuangan syariah seperti Baitul Mal Wattamwil dalam
operasionalnya memerlukan dana. Funding dan lending menjadi fungsi utama
dalam menjalakan operasionalnya. Salah satu Produk pembiayaan di BMT UGT
Sidogiri Cabang Pamekasan ini yaitu UGT MUB atau Modal Usaha Barokah yang
merupakan fasilitas Pembiayaan modal kerja bagi anggota yang mempunyai usaha
mikro dan kecil, pembiayaan ini sebagai alternatif masyarakat atau anggota untuk
memperoleh modal dengan sistem yang mudah, adil dan maslahah. Strategi
promosi haruslah efektif dan menarik dalam memberikan informasi agar
masyarakat tertarik dan berkenan bergabung. Penelitian ini memfokuskan pada
strategi promosi dan efektivitas promosi pada produk modal usaha barokah di
BMT UGT sidogiri cabang pamekasan. Kareana strategi promos yang efektif akan
berdampak terhadap bertambahnya anggota atau lembaga sekolah yang ingin
bergabung di produk Pembiayaan (Modal Usaha Barokah).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan Wawancara, akan tetapi
menggunakan wawancara tidak tersruktur, observasi partisipan dan nonpartisipan, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu karyawan bagian AOSP
(Account Officer Simpan Pinjam) dan anggota pengguna modal usaha barokah.
Proses pengumpulan data mengambil dari wawancara karyawan, teori di buku dan
data anggota pada server BMT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). strategi promosi yang digunakan
oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yaitu periklanan, promosi penjualan,
penjualan pribadi, public relation, dan direct marketing 2). Efektivitas dari
penerapan strategi Promosi Produk Modal Usaha Barokah di BMT UGT Sidogiri
Cabang Pamekasan yang direncanakan telah terealisasi dengan baik dengan etika
yang sesuai dengan syariah dan Strategi promosi yang diterapkan efektif dalam
menambah anggota baru pada produk modal usaha barokah. Jika dilihat dari
masing – masing elemen promosi yang paling efektif menarik perhatian,
ketertrikan, keinginan dan tindakan yaitu dengan Penjualan pribadi dan pemasaran
langsung kepada target. Untuk periklanan, promosi penjualan dan hubungan
masyarakat hanya mampu menciptakan perhatian dan ketertarikan target sasaran.
Tidak tersedia versi lain