Text
IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 SAMPANG
Kata Kunci : Full Day School, Prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam
Full day School merupakan sekolah sehari penuh yang dimulai pada jam
07.00 – 16.00 WIB, dimana aktifitas siswa banyak dilakukan di sekolah dari pada
diumah. Proses penerapan full day school untuk meningkatkan pengetahuan dan
keagamaan siswa dalam proses pembelajaran. Full day school menjadi tolak ukur
siswa dalam pengetahuan agar siswa bisa belajar dengan semaksimal mungkin
dengan diberikan tambahan pelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi full day
school untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pendidikan agama islam
di SMA Negeri 2 Sampang Kedua, Apa saja faktor penghambat dan pendukung
dari implementasi full day school untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
dalam pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Sampang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru dan peserta
didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, di SMA Negeri 2 Sampang
menerapkan sistem pembelajaran full day school mulai dari jam 07.00 – 16.00
karena pandemi penerapan full day school yang dilakukan kurang maksimal dari
jam 07.00 – 10.00 dilakukan tatap muka dan jam 11.00 – 16.00 diberikan
penugasan online. Guru PAI juga mengadakan kegiatan keagamaan yang dikemas
dengan ekstrakulikuler untuk lebih meningkatkan pengetahuan siswa dalam
keagamaan, seperti menggambar kaligrafi, mengaji, sholawatan. Kedua, faktor
penghambat dan pendukung penerapan full day school di SMA Negeri 2 Sampang
yaitu faktor penghambat zona lingkungan dan siswa yang jenuh. Faktor
pendukung yaitu menambah pengetahuan siswa, sarana dan prasarana yang
memadai dan guru yang professional di bidangnya
Tidak tersedia versi lain