Text
IMPLEMENTASI TATA TERTIB MADRASAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN SISWA DI MAN 2 PAMEKASAN
Kata Kunci : Tata Tertib, Disiplin
Sekolah merupakan pendidikan lanjutan setelah keluarga. Dimana sekolah
memiliki aturan yang harus ditaati oleh siswa. aturan atau tata tertib yang ada
disekolah dimplementasikan dengan tujuan agar siswa disiplin. Individu yang
disiplin akan menjadikan hidupnya menjadi lebih teratur dan tertib. Selain itu,
individu yang disiplin akan membiasakan dirinya untuk selalu mengatur apapun
yang menjadi kegiatannya sehari-hari. Tata tertib menjadikan peserta didik
mampu mengendalikan diri mereka sehingga ketika mereka sudah patuh pada
aturan sekolah, maka disanalah mereka mampu mencerminkan kualitas sikap
mereka.
Maka terdapat 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi tata tertib madrasah dalam
meningkatkan sikap disiplin siswa di MA Negeri 2 Pamekasan.kedua Apa saja
faktor pendukung atau penghambat implementasi tata tertib madrasah dalam
meningkatkan sikap disiplin siswa. ketiga, Bagaimana dampak implementasi tata
tertib madrasah dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di MAN 2 Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi.Dengan menjadikan kepala madrasah, waka kesiswaan, guru atau
tim PKS guru, dan siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi Tata
Tertib Madrasah Dalam Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa di MA Negri 2
Pamekasan dilaksanakan dengan menindak langsung siswa yang melanggar aturan
atau tata tertib madrasah untuk kemudian diberikan pembinaan, arahan,
bimbingan dan pendekatan terhadap siswa. Kemudian pelanggaran yang ia
lakukan akan diproses di BK untuk dicatat dibuku pelanggaran. Kemudian siswa
yang melanggar tetap di hukum sesuai dengan apa mereka langgar. Kedua, Faktor
pendukung implementasi tata tertib madrasah dalam meningkatkan sikap disiplin
siswa ialah semua warga madrasah yang juga ikut andil dalam pelaksanaan tata
tertib, SDM Madrasah yang bagus, serta Manajemen yang bagus. Sedangkan
faktor penghambatnya yaitu siswa yang masih kurang sadar akan pentingnya tata
tertib yang ada di madrasah. ketiga, Dampak implementasi tata tertib madrasah
dalam meningkatkan sikap disiplin siswa di MA Negri 2 Pamekasan ialah siswa
disiplin, siswa memiliki penurunan dalam hal melanggar aturan, siswa dapat
menyelesaikan tugas dari guru dengan tepat waktu, prestasi yang mereka miliki
semakin meningkat, output madrasah yang berkualitas, pembiasaan siswa yang
baik, serta tujuan madrasah yang mudah untuk dicapai.
Tidak tersedia versi lain